PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU PALEMBANG

ULIYATI, RESTU APRIL (2020) PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD PATRA MANDIRI 2 PLAJU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
8.1 BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.5 BAB V.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika di SD Patra Mandiri 2 Plaju Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan program remedial; (2) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program remedial; dan (3) mengetahui solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan yang dialami dalam pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika di SD Patra Mandiri 2 Plaju Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa dan guru kelas II – VI. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik analis data yang digunakan ialah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan temuan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan program remedial mata pelajaran matematika di SD Patra Mandiri 2 Plaju Palembang dilakukan sesuai dengan prosedur pelaksanaan program remedial. (2) Faktor pendukung terlaksananya program remedial yaitu adanya sarana dan prasarana yang mencukupi, perhatian orangtua, serta waktu yang sudah dijadwalkan oleh sekolah, sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu karena dilaksanakan setelah jam pelajaran reguler berakhir, adapun faktor penghambat lainnya ialah siswa yang malas belajar. (3) Solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan yaitu dengan melakukan bimbingan di luar jam yang sudah terprogram, sedangkan siswa yang malas dapat diatasi dengan melakukan identifikasi terhadap permasalah atau kesulitan belajar yang dialami oleh siswa melalui bimbingan secara personal sehingga guru dapat menemukan batas kemampuan dan gaya belajar yang sesuai dengan siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: remedial pelajaran matematika sd patra mandiri 2 plaju
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Feb 2020 08:52
Last Modified: 11 Feb 2020 08:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6322

Actions (login required)

View Item View Item