PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENGKONKRITAN MATERI ABSTRAK PAI ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA 3 PALEMBANG

NAFI’AH, ISTIANATUN (2019) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENGKONKRITAN MATERI ABSTRAK PAI ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA 3 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Anak usia dini yang berada pada tahap praoperasional belum mampu untuk berpikir logis dan abstrak, tetapi mata pelajaran agama Islam yang harus ditanamkan kepada anak sejak dini khususnya aspek aqidah termasuk dalam kategori materi abstrak, dengan karakteristik siswa yang demikian maka diperlukan strategi pembelajaran yang dapat memudahkan siswa memahami materi abstrak tersebut yakni dengan mengkonkretkan atau menjadikan konkret materi yang abstrak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan strategi pembelajaran pengkonkritan materi abstrak PAI anak usia dini di RA Perwanida 3 palembang, mengetahui hasil validasi ahli, dan mengetahui efektivitas strategi pembelajaran pengkonkritan materi abstrak PAI anak usia dini di RA Perwanida 3 Palembang. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Adapun tahapan penelitian R&D yaitu analisis kebutuhan, perencanaan pembuatan strategi pembelajaran PAI, pengembangan produk awal/draft 1, validasi desain dan revisi, uji coba dan revisi desain. Data kebutuhan strategi pembelajaran PAI diperoleh dari observasi dan wawancara dianalisis dan dideskripsikan, data hasil validasi ahli dan praktisi guru PAI dianalisis dengan menggunakan skala pengukuran rating scale, menghitung skor rata-rata dan mengubah skor rata-rata menjadi kategori, sedangkan data hasil uji coba dengan melakukan eksperimen di dianalisis dengan menghitung perbedaan skor nilai rata-rata tes awal dan tes akhir dan untuk menarik simpulan efektivitas strategi pembelajaran digunakan uji t program SPSS versi 22. Hasil penelitian adalah: Pertama, produk yang dikembangkan berupa draft desain strategi pembelajaran. Kedua, strategi pembelajaran di nilai dan di validasi berdasarkan aspek kesesuaian media dan metode dengan materi, karakteristik siswa, alokasi waktu dan sarana prasarana, hasil penilaian strategi pembelajaran pengkonkritan materi abstrak PAI memperoleh skor rata-rata 4,62 dengan kategori “sangat sesuai”. Ketiga, rata-rata nilai tes dari 13 ssiswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran yang dikembangkan adalah 6,3885 sementara setelah menggunakan strategi pembelajaran yang dikembangkan rata-rata nilai siswa adalah 7,3462. Sedangkan pada paired samples test diperoleh signifikansi 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, strategi pembelajaran pengkonkritan materi abstrak PAI anak usia dini di RA Perwanida 3 Palembang efektif dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pengembangan strategi pembelajaran materi abstrak pai anak usia dini
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Feb 2020 03:21
Last Modified: 14 Feb 2020 03:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6335

Actions (login required)

View Item View Item