PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU KELAS IV DI SD NEGERI 176 PALEMBANG

WULANDARI, RESTY (2020) PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU KELAS IV DI SD NEGERI 176 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas program Kelompok Kerja Guru di SD Negeri 176 Palembang, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa progam KKG tersebut sudah berjalan dengan baik walaupun banyak kendala dan penghambat dalam pelaksanaan program KGG. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana profesionalisme guru kelas IV di SD Negeri 176 Palembang? (2) Bagaimana Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan profesionalisme guru kelas IV di SD Negeri 176 Palembang? (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan profesionalisme guru kelas IV di SD Negeri 176 Palembang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teori Miles and Huberman yaitu: mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. tersebut sebagai berikut: (1) Guru di SDN 176 sudah terkategori profesional, hal ini dapat dilihat dari empat kompetensi yang telah dimiliki para guru yaitu: kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan kompetensi sosial. (2) Peran KKG dalam meningkatkan profesionalisme guru kelas IV SD Negeri 176 Palembang sudah dikatakan baik. Melalui Program ini guru dapat berbagi Ilmu pengetahuan dan pengalaman, memotivasi guru meningkatkan kompetensi guru. (1) Faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan profesionalisme guru ada dua yaitu: pertama faktor penghambat, yaitu guru itu sendiri yang kurangnya rasa motivasi dalam mengajar sehingga kinerja yang dihasilkan pun menjadi kurang, begitu pun orang tua siswa, masyarakat, lingkungan sekitar kepala sekolah dan yang pastinya siswa itu sendiri. Kedua, faktor pendukung : guru memiliki wawasan dan pengetahuan, dalam proses pembelajaran guru mampu mempersiapkan atau menyusun RPP, guru mampu menggunakan media dan metode yang variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: peran kkg profesionalisme guru
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Feb 2020 03:15
Last Modified: 17 Feb 2020 03:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6364

Actions (login required)

View Item View Item