IMPLEMENTASI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM MARKET DAY DI SD IT AL-FATIH BATURAJA

YULITA, ECI PAJRIA (2020) IMPLEMENTASI ENTREPRENEURSHIP MELALUI PROGRAM MARKET DAY DI SD IT AL-FATIH BATURAJA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Implementasi Entrepreneurship melalui Program Market Day di SD IT Al-Fatih Baturaja. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana program market day di SD IT Al-Fatih Baturaja? (2) Bagaimana implementasi nilai-nilai entrepreneurship melalui program market day di SD IT Al-Fatih Baturaja? (3) Bagaimana dampak program market day bagi siswa? Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di SD IT Al-Fatih Baturaja. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah program market day. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) program market day di SD IT Al-Fatih Baturaja ini merupakan kegiatan entrepreneurship yang dilakukan oleh peserta didik secara langsung dengan menjajakan barang dagangan kepada teman, guru dan lainnya sehingga dapat menumbuhkan karakter entrepreneur pada peserta didik. (2) Nilai-nilai kewirausahaan/ entrepreneurship yang diintegerasikan dalam kegiatan market day di SD IT Al-Fatih Baturaja ini di antaranya berani, kreatif, jujur, mandiri, dan bertanggung jawab. (3) Dampak dari program market day di SD IT Al-Fatih Baturaja sudah cukup terlihat khususnya untuk kelas tinggi, contohnya seperti siswa menjadi lebih berani dan percaya diri dalam mempromosikan atau menawarkan dagangan di hadapan teman-temannya bahkan di luar sekolah ketika kegiatan market day persemester. Siswa menjadi lebih mandiri, contohnya mempromosikan dagangan sendiri tanpa dibantu oleh guru, merapikan dagangannya sendiri dan sebagainya. Siswa terampil dalam berhitung dan memiliki sifat jujur seperti contohnya selalu membayar ketika mengambil dagangan temannya. Kemudian siswa menjadi lebih kreatif dalam berpikir dan bertindak. Siswa juga menjadi lebih bertanggung jawab, contohnya siswa sadar akan kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: market day nilai-nilai entrepreneurship dampak market day
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Feb 2020 04:07
Last Modified: 17 Feb 2020 04:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item