PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LIMAS

ROSDIANA, ENI (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI LIMAS. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
DOC.BAB 1.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOC.BAB V.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komputer menggunakan pendekatan kontekstual pada materi limas yang valid, praktis dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Development Research dengan dua tahapan, yaitu tahap Preliminary dan tahap Prototyping menggunakan alur Formatibe Evaluation yang terdiri dari Self Evaluation, Expert Review, One to One, Small Group dan Field Test. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Patra Mandiri Palembang dengan jumlah siswa 24 siswa. Berdasarkan hasil validasi dari beberapa validator, media pembelajaran dikatakan valid sesuai dengan indikator-indikator yang terpenuhi dan keputusan layak diujicobakan sesuai dengan beberapa revisi pada lembar validasi. Berdasarkan lembar angket dan wawancara pada tahap uji coba lapangan pada kelompok kecil dan kelompok besar media pembelajaran dikatakan praktis. Kemudian dari ujicoba lapangan diperoleh keefektifan rata-rata kelas terhadap media pembelajaran matematika berbasis komputer menggunakan pendekatan kontekstual yaitu 72,72 dalam kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis komputer menggunakan pendekatan kontekstual pada materi limas yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran berbasis komputer kontekstual
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:54
Last Modified: 19 Feb 2020 07:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item