IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL ISLAM DESA CUPAT KABUPATEN BANGKA BARAT

WENDI, RAIS (2014) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL ISLAM DESA CUPAT KABUPATEN BANGKA BARAT. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
lampiran depan tesis.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (6).pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (3).pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 (3).pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Abstrak Judul Tesis : IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA NURUL ISLAM DESA CUPAT KABUPATEN BANGKA BARAT Manajemen Humas adalah suatu rangkaian kegiatan yang terorganisasi sedemikian rupa sebagai suatu rangkaian kampanye atau program terpadu dan semuanya itu berlangsung secara berkesinambungan dan teratur. Masyarakat sebagai lembaga pendidikan ketiga setelah keluarga dan madrasah mempunyai peran cukup besar terhadap berlangsungnya aktivitas yang menyangkut masalah pendidikan. Madrasah Ibtidaiyah Swasta ( MIS ) Nurul Islam berada di tengah-tengah masyarakat yang heterogen, tentu membutuhkan manajemen yang baik agar mampu bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada di sekitarnya sekaligus untuk menjaga kepercayaan masyarakat Desa Cupat Kecamatan Parittiga Kabupaten Bangka Barat. Untuk itu, penelitian ini akan membahas tentang “Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di MIS Nurul Islam Desa Cupat Kabupaten Bangka Barat pada kajian Manajemen Hubungan Madrasah dengan Masyarakat yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen humas di MIS Nurul Islam Desa Cupat Kabupaten Bangka Barat serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dalam proses analisa data menggunakan teori Miles and Huberman ( data reduction, Data Display dan conclusion drawing/verification) dan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah; Pertama, implementasi manajemen humas di MIS Nurul Islam desa Cupat Kabupaten Bangka Barat berjalan dengan optimal, karena telah melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dengan baik. Kedua, Faktor pendukung manajemen humas yang ada di MIS Nurul Islam adalah hubungan harmonis dengan warga madrasah dan adanya kegiatan murid terutama ekstrakurikuler seperti pemilihan da’i cilik, tilawatil Qur’an, adzan dan pramuka. Adapun faktor penghambat yang ada dalam pelaksanaan humas di MIS Nurul Islam adalah terletak pada lemahnya kualitas SDM murid dan wali murid, kurangnya sarana prasarana dan dana serta anggapan negatif masyarakat tentang madrasah termasuk anggapan negatif masyarakat terhadap MIS Nurul Islam Desa Cupat Bangka Barat. Selanjutnya, berdasarkan temuan dalam penelitian ini, saran yang dikemukakan oleh peneliti adalah MIS Nurul Islam harus lebih meningkatkan hubungan yang harmonis dengan masyarakat, lembaga lain yang terkait dan lebih transparan atas segala sesuatu demi kesuksesan madrasah. MIS Nurul Islam harus meningkatkan kualitas komunikasi dengan murid dan wali murid agar tidak terjadi kesenjangan pemahaman antara madrasah dengan murid dan wali murid dalam mengimplementasikan program-program madrasah. Madrasah hendaknya memiliki usaha mandiri dengan membuka pertambangan timah mini yang dikelola oleh pihak madrasah bekerja sama dengan komite madrasah dan masyarakat sekitar, bagi Kementrian Agama (KEMENAG) Bangka Barat untuk memberikan perhatian khusus kepada madrsah agar madrasah dapat diterima dan diakui oleh masyarakat. Kata kunci: Manajemen Pendidikan Islam, Manajemen Humas, Masyarakat

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2014
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 19 Feb 2020 08:49
Last Modified: 19 Feb 2020 08:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item View Item