Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Program Profesi Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin).

Nur, Suryanti (2015) Kompetensi Pedagogik Guru Lulusan Program Profesi Guru (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
LENGKp 2 OK.pdf

Download (539kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan tokoh sentral dalam proses pendidikan, merupakan faktor yang sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Oleh karena itu seorang guru harus memiliki kompetensi guna mendukung pelaksanaan tugas pendidikannya. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi tersebut merupakan kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang sekurang-kurangnya meliputi hal-hal; pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum/silabus, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Salah satu strategi peningkatan kompetensi ini adalah melalui Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru lulusan PPG secara mendalam penulis tertarik untuk meneliti permasalahan ini lebih lanjut. Masalah utama yang diteliti adalah bagaimana implementasi kompetensi pedagogik guru dan faktor apakah yang menjadi penghambat dan pendukung implementasi kompetensi pedagogik guru MI as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sampel sumber data dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kompetensi Pedagogik dalam pembelajaran, di MI as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin pada dasarnya sudah dilaksanakan cukup baik. Mengenai kompetensi Pedagogik yang menyangkut perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis telah dilaksanakan. Dilihat dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru MI as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin sudah baik. Silabus dan RPP yang telah dibuat telah tersusun rapi, sudah lengkap dan tersusun baik, dari perencanaan, kegiatan awal, kegiatan inti sampai kegiatan penutup. Semua sudah dibuat dengan baik sampai pada evaluasi atau penilaian sudah dibuat, bahkan pertanyaan dan jawaban serta skor nilaipun sudah dirinci secara rapi. Meskipun Perencanaan yang dibuat kadang tidak menjadi patokan dalam proses pembelajaran sehari-hari. Upaya guru MI as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yang dimiliki adalah antara lain dengan mengikuti kegiatan KKG PAI, pelatihan, membuka internet, berdiskusi dengan rekan sejawat, mengikuti seminar atau workshop yang dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Pelaksanaan kompetensi pedagogik di MI as-Syifa’ Ruhiyah Banyuasin terkendala faktor sarana dan prasarana, waktu dan jumlah siswa perkelas juga menjadi kendala guru untuk melaksanakan apa yang telah dibuat sesuai dengan rencana yang diinginkan. Namun masih ada 2 orang guru yang menurut penulis belum melaksanakan kompetensi pedagogik secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 19 Feb 2020 09:06
Last Modified: 19 Feb 2020 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6396

Actions (login required)

View Item View Item