UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA SANTRIWAN/SANTRIWATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURHIDAYAH UNIT 202 DESA RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN

FENTI, FENTI (2018) UPAYA USTADZ/USTADZAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER RELIGIUS KEPADA SANTRIWAN/SANTRIWATI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN NURHIDAYAH UNIT 202 DESA RAMBUTAN KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I .pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan aspek penting dari kualitas sumber daya manusia karena karakter menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Salah satu karakter yang perlu ditanamkan sejak usia dini yaitu karakter religius. Karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang patuh dalam menjalankan perintah agama yang dianutnya, toleransi terhadap pelaksanaan agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Dalam menanamkan nilai karakter religius kepada santriwn/santriwati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurhidayah Unit 202 terdapat dua permasalahan yaitu 1) Bagaimana upaya ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai karakter religius kepada santriwan/santriwati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurhidayah Unit 202? 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai karakter religius kepada santriwan/santriwati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurhidayah Unit 202? Namun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah upaya ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai karakter religius sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menguraikan upaya ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai karakter religius kepada santriwan/santriwati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurhidayah Unit 202. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan dikumpulkan melalui tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis secara desktriptif kualitatif artinya menguraikan, menyajikan atau menjelaskan seluruh permasalahan secara tegas dan jelas. Selanjutnya dari uraian permasalahan tersebut ditarik kesimpulan secara deduktif artinya menyimpulkan pernyataan-pernyataan yang bersifat umum ke khusus sehingga penyajian data dapat dipahami secara mudah. Sedangkan untuk uji keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya ustadz ustadz/ustadzah dalam menanamkan nilai karakter religius kepada santriwan/santriwati di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurhidayah Unit 202 melalui program pengembangan diri dan pengintegrasian dalam kegiatan pembelajaran. Melalui program pengembangan diri karakter religius yang ditanamkan yaitu berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, pemberian keteladanan serta penkondisian lingkungan. Kemudian melalui pengintegrasian dalam kegiatan pembelajaran karakter religius ditanamkan pada kegiatan pendahuluan, kegiatan ini dan kegiatan penutup. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam menanamkan nilai karakter religius yaitu adanya kerja sama ustadz/ustadzah dengan orang tua santri dan adanya kerja sama ustadz/ustadzah dengan pihak pemerintah. Namun, yang menjadi faktor penghambat dalam menanamkan nilai karakter religius yaitu tingkat kesadaran rendah dan minimnya waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ustadz/ustadzah menanamkan nilai karakter religius santriwan/santriwati
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 20 Feb 2020 02:43
Last Modified: 20 Feb 2020 02:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6400

Actions (login required)

View Item View Item