MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG

SITI, HASANAH SRI (2015) MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING KEAGAMAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-FURQON PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS- SITI HASANAH SRI - 2110103034 (1) ok.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MANAJEMEN BIMBINGAN dan KONSELING KEAGAMAAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG Kekuatan religius spiritual mesti dimiliki oleh peserta didik dalam mengembangkan potensinya menjadi manusia yang siap di masanya dan masa datang. Hal ini pulalah diintegrasikan dalam layanan bimbingan dan konseling. Praktik pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah terutama dalam format kegiatan langsung, nilai-nilai keagamaan tersebut menjadi tak terlepaskan dalam suasana konseling. Praktik layanan bimbingan dan konseling keagamaan secara tertata terencana masih sangat beragam bergantung pada individu konselor, visi, misi dan manajemen sekolah. Keberhasilan bimbingan dan konseling keagamaan akan maksimal bila dikelola dengan manajemen yang baik. Permasalahan bagaimana perencanaan bimbingan dan konseling, bagaimana pelaksanaan, bagaimana tindak lanjut, bagaimana keterlibatan pihak-pihak terkait, dan apa saja manfaat bimbingan dan konseling keagamaan diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif desain studi kasus. Pendekatan yang digunakan deskriftif analitik. Data yang diperoleh melalui studi dokumentasi, wawancara dan observasi. Data dianalisis dengan mengelompokkan, disajikan , di interpretasi dan terakhir disimpulkan. Temuan di lapangan perencanaan dan penyusunan program bimbingan dan konseling dimulai dengan rapat kerja keseluruhan dilanjutkan konsultasi dan penyusunan program serta menyiapan fasilitas. Pelaksanaan bimbingan dan konseling lebih banyak layanan klasikal sedangkan kelompok dan individual sangat minim. Guru bimbingan dan konseling/konselor sekolah memiliki rangkap jabatan sebagai staf kurikulum sekolah. Administrasi perencanaan bimbingan dan konseling telah memadai namun dokumen pelaksanaan layanan bimbingan konseling belum dimiliki. Keterlibatan pihak-pihak terkait meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, wali kelas, guru-guru mata pelajaran, pembina OSIS, dan pembina ekstra kurikuler. Sedangkan dengan pihak luar sekolah dengan lembaga psikologi dan masyarakat sekitar. Selain itu dominasi layanan BK lebih menekankan pada prilaku, alur kerja yang kaku, penangan kasus dan persepsi mengenai bimbingan dan konseling yang belum semestinya masih ada. Program bimbingan dan konseling terutama dalam sub pengembangan materi layanan dan sebagian dalam praktik layanan bimbingan dan konseling telah memuati nilai-nilai keagamaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 04:24
Last Modified: 20 Feb 2020 04:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item