NURSAMSIA, SIREGAR (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI SD ISLAM AZ-ZAHRAH PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Cover Nursamsia.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I_5 OK.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PenelitianinimengenaiPeran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di SD Islam Az-Zahrah Palembang. Yang akan meneliti mengenai; Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SD Islam Az-Zahrah Palembang, Partisipasi masyarakat terhadap SD Islam Az-Zahrah Palembang, dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat peran kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di SD Islam Az-Zahrah Palembang. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini karena komite sering dijadikan “stempel” bagi kepala sekolah sehingga komite tidak memiliki ide yang kreatif dan inovatif, bahkan pengurus komite pengabdi sejati, namun dilain pihak masyarakat saat ini menjadi masyarakat materialisme. Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatifdengancaraterlibatlansung di lapangan (field research) denganpengumpulan data yang berbentukwawancara, observasi, dandokumentasi, sertaanalisis data diskriptifdengantahap-tahapatautehnik yang telahditentukan, sepertireduksi data, display data, danverifikasi data. PenelitianmengenaiPeran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Di SD Islam Az-Zahrah Palembang telah ditemui bahwa manjemen kepala sekolah SDI Az-Zahrah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat sudah sangat baik, mulai dari perencanaan, pendelegasian, pelaksanaan, dan pengkontrolannya. Partisipasi yang dilakukan antara sekolah dan masyarakat dapat berupa partisipasi edukatif, kultural, dan institusional juga telah sesuai dengan koridor dan fungsi komite sekolah sebagai lembaga resmi dalam melakukan komunikasi dan mediasi dua arah, antara sekolah dan masyarakat.Faktor-faktor yang berkaitan dengan dukungan masyarakat terhadap SD Islam Az-Zahrah sebagai bentuk partisipasi mereka terhadap lembaga yang telah mereka percaya sebagai instiutsi pendidikan bagi anak mereka, diantaranya; pemikiran dan ide, finansial dan program kesejahteraan bagi masyarakat, interpreneurship, peningkatan sumberdaya manusia masyarakat sekolah, dan fieltrip. Sementara faktor penghambatnya adalah orang tua atau wali murid tidak memiliki waktu yang banyak untuk sekolah karena mereka orang tua atau walimurid yang aktif ditugasnya masing-masing. Dengan simpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meingkatkan partisipasi masyarakat terhadap sekolah, baik masyarakat secara umum, maupun melalui peran komite sekolah dalam memberikanpertimbangan (advisory agency),memberikandukungan (supporting agency) mengawasipenyelenggaraanpendidikan di sekolah(controlling agency) danpenghubungantarasekolahdenganorangtuasiswa(mediator)dapatterlaksanadenganbaik di SD Islam Az-Zahrah. Saran bagisekolahuntukmeningkatkanperanedukatifbagi orang tuaatauwalimuriduntukmeningkatkanpartisifasimasyarakatdantanggungjawab orang tuaterhadap proses pendidikananakmerekadanrekomendasiagar setiapindividumasyarakatsekolahbetul-betulmengertidanmemahamiperannyamasing-masing, terutama orang tuaatauwalimuriduntukikutberperansertasecaraaktifdalam proses edukatifbagianak-anaknya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015 |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 20 Feb 2020 05:59 |
Last Modified: | 20 Feb 2020 05:59 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6420 |
Actions (login required)
View Item |