PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 9 PALEMBANG

ETTY, ZUHRIYAH (2013) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMANEGERI 9 PALEMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan Tesis.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 (9).pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 (6).pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

Supervisi klinis merupakan suatu proses tatap muka antara Kepala Sekolh dengan guru yang membicarakan hal mengajar dan yang ada hubungannya dengan itu. Pembicaraan ini bertujuan untuk membantu pengembangan profesionalitas guru dan sekaligus untuk peerbaikan proses pengajaran dalam upaya pencapaian mutu pembelajaran yang baik. Supervisi klinis merupakan sutau bentuk bantuan profesional yang diberikan berdasarkan lebutuhan guru yang bersangkutan dengan tujuan meningkatkan kemampuan mengajar. Untuk mengevaluasi pelaksanaan supervisi klinis maka penelitian ini mengangkat judul ”Pelaksanaan Supervisi Klinisdalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islamdi Sekolah Menengah Pertama (SMP)Negeri 9 Palembang”. Penelitian ini mengangkat permasalahan bagaimana pelaksanaan supervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Palembang dan kendala-kendala pelaksanaannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pelaksanaan supervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajarandi SMP Negeri 9 Palembang dan kendala-kendala pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.Data kuantitatif diperoleh melalui angket yang disebar kepada 4 guru PAI sedangkan data kualitatif diperoleh melalui wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi tentang pelaksanaan supervisi klinis dalam pembelajaran PAI dan kendala-kendalanya.Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah telah melaksanakan supervisi klinis seperti yang diharapkan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan supervisi dan tindak lanjut hasil supervisi. Kemudian pelaksanaan supervisi klinis telah mampu meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Palembang. Kendala-kendala pelaksanaansupervisi klinis dalam peningkatan mutu pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Palembangterlihat dari dua faktor: Pertama, faktor internal yaitu latar belakang pendidikan guru PAI, pengalaman mengajar guru PAI, keadaan kesehatan guru PAI, dari kendala tersebut yang paling berpengaruh adalah pengalaman mengajar dan latar belakang pendidikannya. Kedua, faktor eksternal yaitu waktu supervisi klinis yang sering berbenturan dengan jadwal supervisi, buku pedoman supervisi yang masih lama belum disesuaikan dengan sekarang, sumber daya manusia (SDM) dan kurikulum pendidikan yang sering berubah-ubah yang sangat mempengaruhi cara guru PAI mengajar. Supervisi klinis perlu dilaksanakan di semua mata pelajaran dan di setiap tingkat pendidikan agar peningkatan mutu pembelajaran dan pendidikan dapat berlangsung secara terprogram, terukur, sistematis, dan sinambung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:36
Last Modified: 20 Feb 2020 07:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6422

Actions (login required)

View Item View Item