EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Study Kasus Sekolah Dasar Pendidikan Islam Darul Ulum Addiniyah (PIDUA) Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir)

UJANG, SODIKIN (2013) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Study Kasus Sekolah Dasar Pendidikan Islam Darul Ulum Addiniyah (PIDUA) Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan Tesis (2).pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (8).pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (4).pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini, antara lain : menggali dan sekaligus mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dan efektivitas supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SD PIDUA Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan metode : Pertama, wawancara dengan menggunakan instrumen wawancara terbuka kepada kepala sekolah dan guru PAI yang dijadikan responden dalam penelitian. Kedua, observasi dengan cara mengamati lansung kinerja guru PAI di SD PIDUA Meranjat Ilir Kecamatan Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir dalam pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, dokumentasi dengan mengumpulkan data melalui peninggalan tertulis, seperti arsip dan buku-buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, Kepala sekolah di SD PIDUA Meranjat Ilir telah melaksanakan supervisi dengan cukup baik yang mulai dari rencana program supervisi, pelaksanaan dan tindak lanjut. hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan supervisi lebih mengarah pada supervisi akademik (pembinaan pembelajaran). Sasaran dan tujuan, supervisi akademik meliputi persiapan pembelajaran guru PAI (silabus dan RPP), proses kegiatan pembelajaran (dari pra pembelajaran, kegiatan inti, dan penutup), yang di dalamnya berkenaan tentang penerapan pendekatan, model, metode dan media pembelajaran, serta evaluasi hasil pembelajaran. Kemudian setelah dilakukan supervisi oleh kepala sekolah, hasilnya adalah proses persiapan dan pelaksanaan pembelajaran PAI terjadi perubahan yang cukup baik, misalnya guru PAI mampu membuat perangkat pembelajaran dan mampu menguasai materi PAI dengan baik. Salah satu kekurangan dari pelaksanaan supervisi kepala sekolah menurut penulis adalah guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran terkadang terkesan kurang mematuhi kedisiplinan dalam mengajar, misalnya sering tidak tepat waktu dalam mengajar, tetapi pernyataan ini hanya sekedar masukan saja. Kedua, Efektivitas supervisi kepala sekolah dari sisi kelebihanya adalah supervisi dilakukan telah mempunyai kontribusi positif terhadap kinerja guru PAI, karena kepala sekolah sudah menjalankan tugasnya sebagai supervisor sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya khususnya supervisi akademik (pembelajaran), hal ini dapat dilihat dari kinerja guru PAI yang sudah mampu dalam merencang kegiatan pembelajaran (silabus dan RPP), melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran. Artinya guru PAI mampu menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang professional, mampu membuat prangkat pembelajaran, memberikan pemahaman yang baik tentang supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah serta terciptanya kinerja guru yang baik dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2013
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:29
Last Modified: 20 Feb 2020 08:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6428

Actions (login required)

View Item View Item