Utami, PUSPA (2016) PENGARUH LABEL HALAL PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH TERHADA MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
PUSPA.pdf Download (998kB) | Preview |
Abstract
Sistem ekonomi Islam yang mencakup semua aspek, salah satunya adanya labelisasi halal terhadap sebuah produk kosmetik untuk memberi jaminan produsen kepada konsumen. Saat ini masih ada produsen yang memproduksi kosmetik yang tidak memperhatikan dampak kesehatan apalagi adanya jaminan halal. Seperti kasus yang terjadi di Palembang, masih banyak perempuan yang menggunakan kosmetik ilegal, berbahaya, dan tidak terdaftar marak beredarMajelis Ulama Indonesia (MUI) adalah lembaga yang kompeten untuk melakukan penjaminan kehalalan produk. Dalam kerjanya peran MUI dibantu oleh LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia). PT. Paragon Technologi Innovation (PTI) adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kosmetik yang berlabel halal dengan merek Wardah. Penelitian ini terletak pada hakikat seorang konsumen muslim dalam kegiatan mengkonsumsi produk kosmetik mengutamakan label halal. Label halal sebagai acuan dalam menentukan minat beli konsumenuntuk mendapatkan kepuasan lahiriah maupun batiniyah. Penelitian ini akan menjelaskan pengaruh ataupun hubungan label halal pada produk kosmetik wardah dengan minat beli konsumen di kota Palembang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis diharapkan ada pengembangan keilmuan untuk teori ekonomi Islam lebih khususnya mengenai pentingnya label halal suatu produk untuk dikonsumsi oleh seorang muslim.Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Ekonomi Syari’ah (M.E.Sy) Pada Program Studi Syari’ah di Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang.Pada penelitian ini, hendak memosisikan untuk memperkuat teori yang sudah ada sebelumnya. teori konsumsi Islami dan teori komunikasi. Dalam upaya untuk menjawab masalah penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan data dengan skala ordinal. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu label halal sebagai variabel bebas (independent) dan minat beli konsumen sebagai variabel terikat (dependent). Penelitian ini dilakukan pada toko tradisional atau outlet kosmetik wardah yang tersebar di kota Palembang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis data. Pertama, data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari responden penelitian dengan menggunakan alat pengukur berupa kusioner atau angket-angket. Kedua, data sekunder berupa data yang diperoleh dari buku, artikel, jurnal, majalah serta website yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini.Dalam penelitian data akan dianalisis secara deskriptif dan dianalisis melalui bantuan program SPSS V. 20 for windows. Berdasarkan hasil olah data spss Fhitung sebesar 92,155 > Ftabel. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.696, R square sebesar 0.485 artinya 48.5%variabel minat beli konsumen (Y) dapat dijelaskan oleh variabel label halal produk kosmetik wardah sisanya sebesar 51.5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam model, uji tthitung sebesar 9.600 > ttabel. Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan dan pengaruh yang positif antara label halal produk kosmetik wardah dengan minat beli konsumen di kota Palembang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | EKONOMI SYARIAH (S2) |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 02:52 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 02:52 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6485 |
Actions (login required)
View Item |