PENGARUH PRODUK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MASYARAKAT PALEMBANG

Dewi, SRI (2017) PENGARUH PRODUK HALAL TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI MASYARAKAT PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem ekonomi berkaitan dengan pandangan, keyakinan, kepercayaan ataupun ideologi tertentu, khususnya terhadap alokasi sember daya ekonomi yang ada di bumi ini. Sistem ekonomi Islam mengatur seluruh aspek kehidupan, dari mulai cara memperoleh kepemilikan, pemanfaatan, dan mendistribusikan harus mengikuti aturan syariat dengan memperhatikan kehalalan suatu produk. Inovasi produk saat beraneka ragam demi memperolah kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen. Namun, sering kali terjadi suatu masalah dengan adanya produsen yang memproduksi produk tanpa memperhatikan dampak kesehatan apalagi adanya jaminan halal terhadap produk tersebut.Islam telah mengatur dalam urusan mengkonsumsi produk yaitu harus memperhatikan kehalalannya. Namun, kurangnya pemahaman komprehensif dan integral sebagai muslim mengenai hakikat pentingnya menggunakan produk halal yang merupakan standar yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan produk yang akan digunakan. Penelitian ini akan menjelaskan pengaruh produk halal terhadap keputusan membeli masyarakat Palembang. Kegunaan penelitian ini secara teoritis diharapkan memberikan kontribusi bagi perkembangan khazanah pengetahuan keilmuan untuk teori Ekonomi Islam lebih khususnya mengenai pentingnya produk halal untuk dikonsumsi oleh seorang Muslim. Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Ekonomi (M.E) pada Program Studi Ekonomi Syari’ah di Program Pasca Sarjana UIN Raden Fatah Palembang. Dalam upaya menjawab masalah penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu produk halal sebagai variabel bebas (independent)dan keputusan membeli sebagai variabel terikat (dependent). Penelitian ini dilakukan pada masyarakat Palembang yang menjadikan halal haram sebagai top priority (prioritas utama) dalam melakukan pembelian atau konsumsi makanan dan atau minuman dengan teknik Non Probability Convience Sampling yakni teknik sampling yang dipilih dengan pertimbangan kemudahan. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis. Pertama, data primer adalah data yang diperoleh langsung dari responden penelitian dengan menggunakan alat pengukur berupa kuisioner atau angket-angket. Kedua, data sekunder data yang diperoleh berupa studi pustaka yang terdiri dari buku, artikel, jurnal, majalah serta website yang berkaitan dengan permasalahan yang akan peneliti teliti. Dalam penelitian data akan dianalisis secara deskriptif dan dianalisis melalui bantuan program SPSS V.23for windows. Berdasarkan hasil olah data SPSS Fhitung sebesar 21.085 > FTabel. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,549. R Square sebesar 0.412 artinya 41%. Variabel keputusan membeli (Y) dapat dijelaskan oleh variabel produk halal. Sedangkan sisanya sebesar 59% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diketahui dan tidak termasuk dalam model. Uji thitung sebesar 3.444> ttabel.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk halal mempunyai hubungan yang signifikan terhadap variabel keputusan membeli konsumen masyarakat Palembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: EKONOMI SYARIAH (S2)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 26 Feb 2020 02:57
Last Modified: 26 Feb 2020 02:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item