PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMP NEGERI 39 PALEMBANG (Skripsi)

Utami, Dini Kartika (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI SMP NEGERI 39 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) di SMP Negeri 39 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain nonequivalent control group design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di SMP Negeri 39 Palembang tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah siswa 196 siswa. Dari lima kelas populasi diambil dua kelas sampel yaitu kelas VIII.3 dengan jumlah 40 siswa sebagai kelas TAI dan kelas VIII.1 berjumlah 40 siswa sebagai kelas STAD. Dengan penentuan sampel teknik purposive sampling. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan. Pertemuan pertama peneliti melakukan pretest kepada kelas STAD dan kelas TAI tujuannya adalah untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan. Pertemuan kedua sampai kelima kedua kelas diberi perlakuan yaitu kelas STAD dengan model pembelejaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan kelas TAI dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) pada materi bangun ruang sisi datar subpokok bahasan prisma. Pada pertemuan keenam kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar mereka setelah diberi perlakuan. Data penelitian ini dihasilkan dari tes. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan model kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) didapat t_hitung=2,514 >t_tabel 1,994 maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Assited Individualization TAI di SMP Negeri 39 Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assited Individualization, Hasil Belajar Siswa, Prisma
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 07 Jun 2016 02:52
Last Modified: 07 Jun 2016 02:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item