Murni, Estati (2016) UPAYA GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENGENAL WUDHU’ MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DI KELAS II SD NEGERI 9 BANYUASIN III KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (727kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV dan V.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mengenal Wudhu’ Melalui Metode Picture and Picture di Kelas II SD Negeri 9 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di kelas II SD Negeri 9 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, hal ini disebabkan oleh kurang tepatnya metode yang digunakan dalam mengajarkan materi mengenal wudhu’. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di Kelas II SD Negeri 9 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial sekolah secara alamiah melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis melalui siklus satu dan siklus dua, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di siswa kelas II di SD Negeri 9 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, hal ini terbukti karena sebelum menggunakan metode picture and picture siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 33,2 dari nilai KKM 70. Namun setelah menggunakan metode picture and picture terdapat adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Pada siklus pertama nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya 61,4 dan meningkat pada siklus kedua yaitu nilai rata-rata menjadi 77,8 dari nilai KKM 70. Sedangkan dari segi persentase ketuntasan hasil belajar siswa mempraktekkan tata cata wudhu. Pada prasiklus belum ada siswa yang kemampuan menulisnya mencapai ketuntasan, tapi pada siklus I sudah ada 16 orang siswa atau 57 % dari siswa telah mencapai ketuntasan dan pada siklus II semua siswa yang berjumlah 28 orang semuanya telah mencapai ketuntasan atau 100% tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah terbukti bahwa metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal wudhu’ di Kelas II SD Negeri 9 Banyuasin III Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wudhu’, Metode Picture and Picture, dampak penggunaan. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Jun 2016 02:16 |
Last Modified: | 08 Jun 2016 02:16 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/655 |
Actions (login required)
View Item |