KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1

YUNIANTIKA, ICHA (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU AL ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 1. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah perlu guru yang berkompetensi dalam mengelola pembelajaran serta guru yang melaksanakan proses belajar mengajar yang sesuai dengan Kurikulum, Program Tahunan, Program Semester, dan RPP, Kompetensi yang harus dimiliki oleh guru ada 4 macam yaitu : kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan professional. Empat macam kompetensi yang harus benar-benar dimiliki oleh guru karena merupakan suatu keharusan dalam mewujudkan sekolah berbasis pengetahuan yaitu pemahaman tentang pembelajaran, kurikulum, dan perkembangan manusia termasuk gaya belajar. Dari observasi awal yang yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 pada tanggal 16 Oktober 2017 dapat diketahui bahwa guru dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam sesuai dengan Kurikulum Standar Nasional Pendidikan. Guru memiliki program Semester (PROSEM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Ketika siswa melakukan kesalahan atau melanggar tata tertib kelas guru akan menegur dan memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa tersebut. Cara guru menegur siswa yang melakukan kesalahan tidak di depan teman-temannya, guru memanggil siswa tersebut dan kemudian di arahakan untuk keruangan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Pedagogik guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kpmpetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Primer yakni data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dari lapangan oleh peneliti melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data ini merupakan data pokok yang diperoleh dari kepala sekolah, guru bidang studi Pendidikan Agama Islam, para guru, siswa, tenaga administrasi atau tata usaha. Data sekunder merupakan data pendukung yang diperoleh dari buku-buku, arsip-arsip, dan dokumen yang berkaitan dengan masalahpenelitian. Adapun hasil yang diperoleh oleh peneliti sebagai berikut: Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Palembang telah memiliki dan memahami serta mengaplikasikan kompetensi pedagogik dalam melaksanakan tugas sebagai guru Pendidikan Agama Islam. Kondisi ini terlihat dari guru memiliki pemahaman wawasan atau kemampuan mengelola pembelajaran yang terlihat dari pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru tercantum dan tertata dengan baik serta menggunakan model-model pembelajaran sesuai dengan materi yang disampaikan dengan cara yang beragam, sehingga para siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik guru menumbuhkan minat belajar peserta didik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 02 Mar 2020 06:57
Last Modified: 02 Mar 2020 06:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6557

Actions (login required)

View Item View Item