TELAAH EKONOMI ISLAM TERHADAP SISTEM PEMBIAYAAN SEPEDA MOTOR YANG DIBERIKAN OLEH BMT BINA INSAN MANSHURIN PALEMBANG (Skripsi)

Wahyuni, Eska Putri (2016) TELAAH EKONOMI ISLAM TERHADAP SISTEM PEMBIAYAAN SEPEDA MOTOR YANG DIBERIKAN OLEH BMT BINA INSAN MANSHURIN PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
ESKA PUTRI WAHYUNI_FebEkoIsl.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Lembaga ekonomi dalam pembangunannya tidak lepas dari sektor lembaga keuangan dan non keuangan. Dengan adanya lembaga keuangan dan non keuangan, masyarakat yang kekurangan dana untuk membeli barang baik yang bersifat produktif maupun konsumtif seperti sepeda motor dapat teratasi. Namun yang menjadi masalah yaitu minimnya masyarakat yang mengetahui sistem pembiayaan sepeda motor dalam suatu lembaga keuangan dan non keuangan yang berprinsip syariah, khususnya dalam hal ini BMT. Sehingga terkadang masyarakat mengurungkan niat pergi ke lembaga keuangan atau non keuangan syariah untuk melakukan permohonan pembiayaan melainkan pergi ke lembaga keuangan atau non keuangan yang berprinsip konvensional. Dan dari pada itu, ketidak tahuan masyarakat akan sistem pembiayaan sepeda motor pada lembaga keuangan dan non keuangan syariah ini akan berdampak besar terhadap ajaran Islam di Indonesia ini. Sehingga dalam hal ini perlu adanya pelaksanaan khusus terkait sistem pembiayaan sepeda motor pada lembaga non keuangan khususnya BMT Bina Insan Manshuri Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi wawancara langsung dengan pengurus BMT Bina Insan Manshurin mengenai sistem pembiayaan sepeda motor ini. Metode pembahasan yang digunakan oleh peneliti adalah model pembahasan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat, dan gambar yang berhubungan dengan permasalahan yang akan diteliti. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui sistem apa saja yang dilakukan BMT Bina Insan Manshurin dalam memberikan pembiayaan sepeda motor. Selain itu juga untuk mengetahui telaah ekonomi Islam pada pembiayaan sepeda motor ini sehingga pihak yang kekurangan dana lebih mudah mengakses lembaga non keuangan khususnya BMT Bina Insan Manshurin Palembang. Dan sebagai saran hendaknya BMT Bina Insan Manshurin memperkenalkan pembiayaan dan sistem sepeda motor agar masyarakat bisa terhindar dari lembaga keuangan konvensional yang mengutamakan sistem bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ekonomi islam, sistem pembiayaan, keuangan syariah.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 08 Jun 2016 02:25
Last Modified: 08 Jun 2016 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item