PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS GURU DI SMP NEGERI 1 KIKIM TENGAH KABUPATEN LAHAT

AMINULLAH, NOVRIADY (2020) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS GURU DI SMP NEGERI 1 KIKIM TENGAH KABUPATEN LAHAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi persoalan yang terjadi pada guru di era moderenisasi, karena masih adanya yang guru mengalami kesulitan dalam mengajar di kelas, berbagai fenomena permasalahan yang dialami guru antara lain guru tidak membuat RPP, guru membuat RPP tetapi tidak diaplikasikan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru juga mengalami kesulitan dalam menerapkan disiplin siswa, memotivasi semangat belajar siswa, dan menerapkan metode dan teknik pembelajaran. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Supervisi KlinisGuru di SMPNegeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat dan Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Supervisi Klinis Guru di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat. dan tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengatahui Pelaksanaan Supervisi Klinis Guru di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat dan Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan SupervisiKlinisGurudiSMPNegeri1KikimTengahKabupatenLahat. Metodologi penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskrpitif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan berbagai data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara, sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode interaksi dengan tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data,analisisdanpenyajiandata,danverifikasidata. Hasil dari penelitian skripsi ini menunjukan bahwa Pelaksanan Supervisi Klinis Guru di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat ini sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terselenggaranya pelaksanaan supervisi klinis guru ini secara prosedural mulai dari tahap persiapan awal ialah tahap dimana antara supervisi melakukan kegiatan untuk mempersiapkan hal-hal apa saja yang akan digunakan pada saat proses supervisi berlangsung, pertemuan awal ialah terdiri dari menciptakan hubungan yang akrab antara supervisor dan guru, mendalami kondisi guru, menjalin kerjasama yang harmonis, menetukan waktu pelaksaaan tahap observasi mengajar ini terdiri dari persiapan, guru dan supervisor memasuki ruang kelas, sikap supervisor, cara mengamati, mengakhiri supervisi, dan terakhir tahap pertemuan balikan tahap dimana supervisor membahas hasil dari observasi guru mengajar. Sedangkan faktor pendukung dalam pelaksanaan supervisi klinis guru di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat ini adalah, adanya dukungan dari kepala sekolah serta adanya nya kemauan serta motivasi, juga pembimbingan dilakukan secara terus menerus, dan faktor penghambat dari pelaksanaan supervisi klinis guru di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Kabupaten Lahat ialah, kurangnya pemahaman guru, lamanya waktu supervisi, guru biasanya tegang jika disupervisi, dianggap guru sebagai peroses penilaian kinerja, adanya tamu kepala sekolah yang datangtidaktentuwaktunya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan supervisi klinis guru
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Mar 2020 03:45
Last Modified: 03 Mar 2020 03:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6564

Actions (login required)

View Item View Item