STUDI KORELASI IQ SISWA MAN 3 PALEMBANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS

SURNITA, SURNITA (2020) STUDI KORELASI IQ SISWA MAN 3 PALEMBANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

IQ (Intelligence Quotient) merupakan suatu indeks relatif yang dimiliki oleh seseorang. Banyak orang yang berpendapat bahwa IQ berbanding lurus dengan kesuksesan seseorang. Namun di beberapa kesempatan dalam menghapal Al-Qur’an terlihat ada beberapa anak yang memiliki IQ rendah namun dapat mengungguli teman-temannya yang memiliki IQ sedang atau bahkan tinggi. Kemudian, bagaimana hubungannya dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban mengenai hubungan IQ siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode penelitian korelasional dengan jenis penelitian dekriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Palembang tahun ajaran 2019-2020 yang berjumlah 345 siswa, karena jumlah populasi yang besar penulis menarik sampel menggunakan Rumus Slovin sehingga sampel yang diteliti sebanyak 78 siswa. Data IQ siswa diambil dari data tes IQ siswa MAN 3 Palembang yang telah melakukan tes IQ saat menjadi siswa baru, prestasi belajar diambil dari nilai raport mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Dalam pengumpulan data digunakan teknik studi dekumentasi untuk mendapatkan data IQ siswa dan nilai raport mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kepada pihak yang terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara IQ siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MAN 3 Palembang termasuk dalam kategori sedang atau cukup. IQ Siswa Kelas X MAN 3 Palembang (X) terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Y) adalah sebesar 30,36% adapun sisanya 69,64%, hal ini dibuktikan dari hasil korelasi antara IQ (Inteligence Quotient) siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, yang di peroleh perhitungan rhit ≥ rtabel, 0,551 ≥ 0,1876.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: intelligence quotient (iq) learning achievement
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Mar 2020 04:17
Last Modified: 03 Mar 2020 04:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6566

Actions (login required)

View Item View Item