PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF K.H. ABDURRAHMAN WĀHID

IFROHAN, IFROHAN (2019) PENDIDIKAN PESANTREN PERSPEKTIF K.H. ABDURRAHMAN WĀHID. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren adalah salah satu sistem pendidikan tertua yang merupakan proses wajar perkembangan pendidikan nasional. Selain identik dengan makna keislaman pesantren juga mengandung makna keaslian Indonesia. Keberadaan dan kiprahnya sebagai lembaga sosial kemasyarakatan yang bergerak dalam bidang dakwah, pendidikan dan pengajaran telah terbukti memberikan andil besar dalam pembentukan dan pembinaan mental spiritual serta karakter masyarakat. Dalam perkembangannya, pesantren dihadapkan pada era global dan persaingan dunia pendidikan sehingga pesantren harus berinovasi secara dinamis menjawab problem zaman agar tetap survive dan menjadi pilihan utama ditengah persaingan lembaga pendidikan dan dinamika kebutuhan masyarakatnya. Diantara tokoh pemikir Muslim yang concern terhadap pendidikan pesantren adalah K.H. Abdurrahman Wahid, seorang tokoh multitalenta yang berasal dari dunia pesantren ditunjang dengan bacaan dan pengalaman belajarnya baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan latar belakang pendidikan dan pengaruh internal maupun eksternal yang kaya, beliau memberikan sumbangan gagasan pendidikan Islam berupa dinamisasi pendidikan pesantren untuk menjawab problematika perkembangan zaman. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan objek penelitian buku-buku karya K.H. Abdurrahman Wahid mengenai pendidikan pondok pesantren dan karya lain yang relevan dengan pembahasan. Berhubungan dengan penelitian ini maka secara umum dilakukan dengan langkahlangkah interpretasi hermeneutika, historis dan deduktif-induktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Penelitian ini menemukan bahwa, pemikiran K.H. Abdurrahman Wahid tentang pendidikan pesantren merupakan respon untuk menjawab berbagai dinamika perubahan yang terjadi di masyarakat karena pengaruh gelombang arus globalisasi dan tuntutan zaman. Berbagai pengembangan dan perubahan yang harus dilakukan pondok pesantren diantaranya adalah subtansi peran kiai, ustadz dan santri sebagai aktor pendidikan, yang harus aktif kreatif menafsirkan kebutuhan dan perubahan zaman. Isi/konten kurikulum yang responsif dan tidak focus pada materi agama an sich , penggunaan metodologi variatif dan merespon nalar peserta didik, diversifikasi kelembagaan, kepemimpinan yang dipersiapkan keilmuan manajerial bukan hanya kharismatik serta fungsi pondok pesantren yang bukan hanya fungsi tradisional tetapi mencakup fungsi sosial ekonomi. Sedangkan urgensi pemikiran pesantren ini harus dilakukan karena tuntutan dinamika perkembangan masyarakat dan kebutuhan pendidikan di era global untuk selalu menyesuaikan dengan problem zamannya dengan berpegang teguh pada prinsip “menjaga nilai-nilai lama yang baik dan mengambil hal-hal baru yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pendidikan pondok pesantren abdurrahman wahid
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:14
Last Modified: 03 Mar 2020 06:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6572

Actions (login required)

View Item View Item