RAHMATULLAH, RYAN (2020) KEGIATAN PENGHAFALAN AL-QURAN SURAH-SURAH PENDEK UNTUK SISWA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I IFX (1).pdf Download (695kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat. Oleh sebab itu, Al-Qur’an harus menjadi pegangan baik bagi anak maupun orang tua. Al-Qur’an harus diterapkan dan diajarkan dalam kehidupan sehari-hari sejak dini. Di sekolah pendidikan Al-Qur’an sudah dipelajari anak-anak sejak sekolah dasar. Selain itu, kegiatan penghafalan Al-Qur’an dilakukan di SDN 28 Tanjung Agung sesuai dengan aturan Bupati yang membuat Program SMAS yaitu program yang menunjukkan sikap-sikap keagamaan yang harus ada di kabupaten Muara Enim. Dari latar belakang di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Kegiatan Penghafalan Al-Quran Surah-Surah Pendek Untuk Siswa Di Sekolah Dasar”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan penghafalan AlQuran surah-surah pendek untuk siswa sekolah dasar, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan penghafalan Al-Quran surah-surah pendek untuk siswa sekolah dasar, untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan penghafalan Al-Quran surah-surah pendek untuk siswa sekolah dasar dan untuk mengetahui evaluasi kegiatan penghafalan Al-Quran surah-surah pendek untuk siswa sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan kegiatan penghafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri 28 Tanjung Agung yaitu menyiapkan materi hafalan sesuai dengan kemampuan siswa kelas V dan menyiapakn metode hafalan yang tepat sehingga tidak membuat siswa merasa tertekan dengan hafalan suratsurat pendek yang harus mereka hafalan. Pelaksanaan kegiatan menghafal AlQur’an di Sekolah Dasar Negeri 28 Tanjung Agung yaitu pelaksanaan hafalan dilakukan untuk siswa kelas V metode yang digunakan untuk pada model penghafalan Al-Qur’an yaitu metode talaqqi, metode takrir, metode modern dan salah satu cara menarik perhatian siswa dengan cara memberikan video lucu yang berisi hafalan surat yang pernah mereka hafal. Adapun evaluasi kegiatan penghafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri 28 Tanjung Agung dilakukan dengan beberapa tahap yaitu evaluasi dilakukan pada metode talaqqi kemudian pada metode takrir terdapat tiga tahap evaluasi yaitu penilaian terhadap surat yang siswa hafal, penilaian pengulangan surat yang pernah dihafal dan penilaian terakhir adalah ujian seluruh surat yang pernah dihafal. Berdasarkan penilaian terhadap hasil penilaian hafalan maka kegiatan penghafalan Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri 28 Tanjung Agung sudah diharapkan dengan baik dan metode yang digunakan guru pendidikan agama Islam sudah berhasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kegiatan penghafalan al-quran surah-surah pendek |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 02:35 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 02:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6580 |
Actions (login required)
View Item |