PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU DI MADRASAH ALIYAH AISYIYAH PALEMBANG

PERMASIH, IIN INDRI (2020) PERENCANAAN PEMBELAJARAN GURU DI MADRASAH ALIYAH AISYIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ perencanaan pembelajaran Guru di Madrasah Aliyah Aisyiyah Palembang” yang di latar belakangi bahwa perencanaan pembelajaran di madrasah aliyah aisyiyah palembang sudah terlaksana, tetapi perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh kepala madrasah dan seluruh guru yang terlibat dalam pendidiikan tidak menimbulkan perkembangan terhadap guru, ternyata permasalahannya yaitu kepala madrasah tidak sering melakukan pendekatan-pendekatan terhadap guru. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan pembelajaran di Madrasah aliyah aisyiyah palembang dan faktor penghambat dan pendukung pembelajaran di Madrasah aliyah aisyiyah palembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah waka kesiswaan, waka kurikulum, kepala madrasah dan informan pendukung yaitu guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian yang di peroleh yaitu Pertama, perencanaan pembelajaran di Madrasah aliyah aisyiyah palembang yang meliputi rapat tahunan di awal smester genab dan ganjil, memberikan pelatihan kurikulum yang digunakan. Kedua, faktor yang mempengaruhi perencanaan pembelajaran di Madrasah aliyah aisyiyah palembang yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi: adanya kesediaan guru menerima pembinaan dari kepala madrasah, faktor penghambat disini terbagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal. Adapun faktor internal yaitu kemampuan profesional dan wawasan baik tentang subtansi kepengawasan maupun majerial, sikap mental yang kurang sehat dari pembina, kurang adanya tanggung jawab, dan pembina yang sudah lama tidak mengajar. Dan faktor eksternal yaitu peraturan undang-undang, pihak guru, pihak murid, sarana prasarana, dan susahnya kurikulum yang terapkan pihak madrasah dan lingkungan. Dalam hasil di atas dapat di simpulkan bahwa perencanaan pembelajaran di Madrasah aliyah aisyiyah Palembang kurang baik, dikarenakan sebagian guru disana tidak membuat prota prosem yang pada imbasnya perencanaan pembelajaran tidak maksimal dan menghambat pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perencanaan pembelajaran guru
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:12
Last Modified: 06 Mar 2020 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6607

Actions (login required)

View Item View Item