PENERAPAN PEMBELAJARAN MENDONGENG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI BERBICARA DENGAN HASIL YANG DICAPAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUNGGUTAN KECAMATAN PANGKALAN LAMPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI)

SUDIBIO, AHMAD (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN MENDONGENG MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI BERBICARA DENGAN HASIL YANG DICAPAI SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SUNGGUTAN KECAMATAN PANGKALAN LAMPAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR (OKI). Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V di SD Negeri 1 Sunggutan, hal ini disebabkan penggunaan metode yang kurang bervariasi dari guru, partisipasi siswa dalam pembelajaran masih sangat kurang dan penggunaan bahasa dalam sekolah. Oleh karna itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan pembelajaran mendongeng menggunakan alat peraga pada materi berbicara dengan hasil yang dicapai siswa kelas V di SD Negeri 1 Sunggutan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penerapan pembelajaran mendongeng dan bercerita siswa kelas V di sekolah dasar Negeri 1 Sunggutan. (2) apakah permasalahan pembelajaran mendongeng dan bercerita siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Sunggutan. (3) bagaimana perbedaan dan persamaan pembelajaran mendongeng dan bercerita siswa kelas V sekolah dasar Negeri 1 Sunggutan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan mendongeng menggunakan alat peraga pada materi berbicara siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tringaulasi. Hasil penelitian yang penulis lakukan di sekolah dasar Negeri 1 Sunggutan suatu hasil, (1) pembelajaran mendongeng adalah keterampilan berbahasa lisan yang bersifat produktif yang menjadi bagian dari keterampilan berbicara siswa. Sebelum mendongeng guru menyiapkan materi, media atau alat peraga yang akan digunakan dalam pembelajaran mendongeng. (2) permasalahan yang dihadapi guru dalam menerapakan pembelajaran mendongeng seorang guru sulit mencari dongeng yang cocok untuk anak dan kurangnya sarana dan prasana pendukung dalam penerapan pembelajaran mendongeng menggunakan alat peraga. (3) dalam pembelajaran mendongeng dan bercerita memiliki perbedaan dan persamaan tetapi mempunyai kesamaan yaitu menceritakan kejadian atau pristiwa-pristiwa yang dapat menghibur anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penerapan pembelajaran mendongeng dan bercerita pembelajaran mendongeng
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 03:29
Last Modified: 06 Mar 2020 03:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item