PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI 159 PALEMBANG

MELISYAH, MELISYAH (2020) PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I DI SD NEGERI 159 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya penggunaan metode pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas kontrol? (2) Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas eksperimen? (3) Bagaimana pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 A SDN 159 Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode struktural analitik sintetik (SAS) dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 159 Palembang. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian True Experimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan Tes Post-test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan membaca permulaan siswakelas 1 A SDN 159 Palembang yang menggunakan metode strutural analitik sintetik (SAS) tergolong lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan membaca permulaan siswa pada kelas 1 B yang tidak menggunakan metode struktural analitik sintetik (SAS).Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji t yaitu: perhitungan (to = 3,2) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai t (tt.ts 5% = 2,02 dan tt.ts 1% = 2,71) maka dapat kita ketahui bahwa to adalah lebih besar dari tt yaitu 2,02 < 3,2 > 2.71. Maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh skor kemampuan membaca permulaan siswa setelah diterapkannya metode struktural analitik sintetik merupakan pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode struktural analitik sintetik (sas) membaca permulaan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:22
Last Modified: 06 Mar 2020 04:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6615

Actions (login required)

View Item View Item