ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 OGAN ILIR

KASTARINA, DEVI (2020) ANALISIS METODE PEMBELAJARAN FIQIH KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Analisis Metode Pembelajaran Fiqih Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir. Rumusan masalah adalah sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir? (2) Apa saja kendala yang yang dialami guru dalam menerapkan metode pembelajaran Fiqih di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran Fiqih kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir. Metode penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru fiqih kelas II dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dicari dalam penelitian ini adalah metode-metode yang diterapkan pada pembelajaran fiqih kelas II, respon siswa dan hambatan guru saat menerapkan metode tersebut. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan temuan sebagai berikut (1) Metode-metode yang diterapkan pada pembelajaran fiqih kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Ogan Ilir pada semester ganjil materi adzan, iqomah dan shalat fardhu adalah metode KAISA digunakan untuk memudahkan siswa dalam menghafal materi ajar dengan menggunakan gerakan-gerakan diterapkan pada materi syarat sah shalat. Metode ceramah digunakan untuk menjelaskan pengertian-pengertian dari materi adzan iqomah dan shalat fardhu. Metode tanya jawab digunakan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi ajar dan melatih keberanian siswa dalam memberikan pertanyaan dan jawaban. Metode demonstrasi digunakan untuk memperaktikan materi adzan, iqomah dan shalat fardhu. Metode Mind Mapping digunakan untuk membuat peta pikiran tentang niat dan waktu shalat. Metode drill digunakan untuk melatih kemampuan siswa menghafal dan mengumandangkan lafadz adzan, iqomah serta dapat mengetahui urutan rukun shalat. (2) Respon siswa saat mengikuti proses pembelajaran fiqih, siswa sangat berantusias dan semangat dapat dilihat dari interaksi guru dan siswa yang sangat baik, kelas terlihat aktif sehingga pembelajaran lebih hidup. (3) Kendala yang dialami guru saat melaksanakan pembelajaran dan menerapkan metode adalah pada pengelolaan kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Fiqih
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:04
Last Modified: 11 Mar 2020 01:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item View Item