PELAKSANAAN PROGRAM PENGHAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG

DARENI, SITI (2020) PELAKSANAAN PROGRAM PENGHAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Archive
CD fitri wulandari.zip

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Program Penghafalan Al-Qur’an Juz 30 di MIN I Kota palembang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an juz 30 di MIN 1 Kota palembang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program penghafalan Al-Qur’an Juz 30 di Min 1 Kota Palembang? adapun yang melatar belakangi, peneliti mengambil permasalahan ini, karena ketika observasi kurang lebih 1 bulan saat melaksanakan magang II di MIN I Kota Palembang, disana terlihat sekali bahwa masih banyak siswa yang belum bisa menghafal juz 30 yang telah ditargetkan dari lembaga tersebut. Jenis pendekatan penulisan kualitatif yang digunakan dalam penulisan ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, catatan lapangan, gambar-gambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka penulis menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penulisan yang digunakan penulisan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan yang diperoleh dari tujuh informan dan dua informan pendukung adalah sebagai berikut: pertama, menunjukkan bahwa program tahfidz merupakan program yang wajib diikuti bagi seluruh siswa dan kegiatan program tersebut sejauh ini cukup berhasil, akan tetapi perlu waktu lebih banyak lagi untuk siswa menghafal dan meyetorkan hafalan. Kedua, faktor pendukung: Dukungan penuh dari sekolah, reward atau hadiah, dan fasilitas seperti buku setoran dan AlQur’an dari kemenag. Faktor penghambat: Rasa malas yang datang pada siswa untuk menghafal dan menyetorkan hafalan dan waktu yang sedikit yang diberikan oleh sekolah untuk menghafal dan menyetorkan hafalan pada waktu yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Juz 30
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Mar 2020 01:06
Last Modified: 11 Mar 2020 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6682

Actions (login required)

View Item View Item