PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP DAARUL AITAM PALEMBANG

SAPUTRA, JERI ANDIKA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dapat menumbuhkan perhatian dan motivasi siswa dalam belajar akan tetapi masih rendahnya motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, menurut analisa peneliti sementara hasil ini terjadi karena pembelajaran yang dilaksanakan kurang menarik perhatian siswa karena dalam proses pembelajaran berlangsung guru menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif . Sumber data yang digunakan ialah : (a) data primer ialah data yang diperoleh langsung dari sekolah, (b) data sekunder ialah data yang diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya. Jenis penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, angket, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode statistik. Hasil penelitian ini adalah adanya pengaruhyang signifikan anatara model IOC terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IX Smp Daarul Aitam Palembang. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan data dengan menggunakan uji t yang hasilnya adalah thitung>ttabel. Dimana pada uji t mendapat hasil 6,17 adalah lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf 5% yaitu 1,67 dan pada taraf 1% 2,39 (1,67 < 6,17 > 2,39). Ini berarti hipotesis Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Maka model IOC terhadap motivasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf 1% tergolong signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh model pembelajaran kooperatif learning
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:13
Last Modified: 13 Mar 2020 04:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6700

Actions (login required)

View Item View Item