PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA BINA JAYA PALEMBANG

OSCCAR, LATIP (2020) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA BINA JAYA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dapat menjadi alternatif bagi pengembangan aktivitas belajar dalam dunia pendidikan, serta dapat menjadi alternative bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan bermutu karena strategi ini dapat merangsang aktivitas belajar siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. strategi ini menyenangkan, sehingga tidak membuat siswa tertekan dalam memahami materi pelajaran Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Melihat fenomena yang terjadi di SMA Bina Jaya Palembang. Strategi Pembelajaran siswa masih dengan strategi yang konvensional dan tidak variatif sehingga memungkinkan siswa merasakan bosan dan tidak terangsang dalam melakukan aktivitas belajar yang ada di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran berbasis masalah pada materi menjaga martabat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X MIPA 2 SMA Bina Jaya Palembang. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X tahun ajaran 20182019 dengan jumlah 216 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa pertimbangan tertentu atau mengunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas X MIPA 2 jenis penelitian ini merupakan PreEksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design, teknik pengumpulan data dengan mengunakan Skala Likert, dan dokumentasi. Untuk menghitung penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan Aktivits Belajar Siswa pada materi Menjaga Martabat Manusia dengan Menjauhi Pergaulan Bebas dan Zina mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X MIPA 2 di SMA Bina Jaya Palembang mengunakan rumus statistic tes “t” untuk dua sampel kecil yang saling berhubungan. Setelah dilakukan perhitungan dan analisis data, maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah sudah berjalan dengan baik dari setiap pelaksanaan. Aktivitas Belajar siswa juga tergolong baik. Berdasarkan analisis data dengan mengunakan rumus statisitik tes “t” ternyata ada perbedaan yang signifikan setelah diterapkannya Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi menjaga martabat manusia dengan menjauhi pergaulan bebas dan zina mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X MIPA 2 di SMA Bina Jaya Palembang, setelah diketahui nilai uji “t” diperoleh hasil sebesar 5,968 setelah dikonsultasikan dengan nilai ttabel 5% =2,00 dan ttabel 1%= 2,65, ternyata diketahui bahwa hasil thitung lebih besar dari ttabel

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran berbasis masalah
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:13
Last Modified: 13 Mar 2020 04:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item