PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

AfRIYANTI, DEKA (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan modul dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi usaha dan energi untuk peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas modul yang dihasilkan ditinjau dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu model pengembagan 4D yang meliputi empat tahapan pokok yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), desseminate (penyebarluasan). Instrumen yang digunakan yaitu : (1) angket penilaian oleh ahli, dan (2) angket kepraktisan guru dan respons peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMK Muhammadiyah 1 Palembang. Kualitas modul dilihat dari aspek kelayakan termasuk dalam klasifikasi baik degan rata-rata skor penilaian ahli materi sebesar 88,97% dan rata-rata skor penilaian modul oleh ahli media sebesar 82,66% pada rentang skor skala 5. Dilihat dari aspek kepraktisan modul tersebut dinyatakan praktis dengan skor ratarata angket respon peserta didik 91,36% yang termasuk dalam klasifikasi sangat baik dan skor rata-rata angket kepraktisan oleh guru adalah 82,85% yang termasuk dalam klasifikasi sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: modul usaha dan energi Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:15
Last Modified: 13 Mar 2020 04:15
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6708

Actions (login required)

View Item View Item