BASRI, MUHAMMAD (2020) PENERAPAN METODE PAIR CHEK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAN ISLAM DI KELAS VII SMP NEGERI 13 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
Abstract
Muhammad Basri. 1532100188. Penerapan Metode Pair Chek Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Negeri 13 Palembang. Pembimbing 1 Dr. Baldi Anggara, M.Pd.I Pembimbing II Dra. Hj. Misyuraidah, M.H.I Permasalahan yang terjadi tanpak bebebrapa kendala yang di hadapi dalam proses belajar mengajar di antaranya masih terlihat sifatnya bosan cenderung mengantuk terhadap metode yang sering di gunakan, adapun permasalahan lain monoton siswa sering kali berdiskusi dengan teman sebangkunya, rendahnya keinginan belajar siswa dan sering merasa kesulitan dalam menyampaikan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi hal tersebut dengan penerapan metode pair chek, serta untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tanpa penerapan metoode pair chek apakah ada pengaruh metode pair chek dalam meningkatkan aktivitas beajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 13 Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif pendekatan eksperimen, dengan two group post-test only control grup design yang di pilih secara rendom, kelompok petama di beri perlakuan X dan kelmpok kedua tidak jumlah seluruh populasi 311 adapun jumlah sampel lebih dari 100 yaitu 311 siswa maka sampel yang di ambil 20 % denggan demikian jumlah samppel 64 siswa kelas 7.9 dan 7.10 adapun pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan angket langkah selanjutnya di hitung mengunakan uji “t”. Hasil yang di lakukan penelitian ini pertama. Aktifitas belajar siswa di kelas eksperimen dapat di golongkan sedang dari 32 siswa terdapat 7orang siswa 22% katagori tinggi, 18 orang siswa 66% katagori sedang 7 orang siswa 22%katagori rendah sedangkan kelas kontrol 4 orang siswa 13% katagori tinggi, 22 orang siswa 68% katagori sedang, 4 orang siswa 19% katagori rendah. diketahui telah diperoleh sebesar 3,56 sedangkan = 1,67 dan 2,38 maka lebih besar dari baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan yang sangat signikan antara Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan metode pair chek, dengan Aktivitas belajar siswa kelas kontrol yang tidak mendapatkan penerapan metode pair chek maka Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pair Chek Aktivvitas Belajar Siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 04:16 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6710 |
Actions (login required)
View Item |