ANALISIS PROBLEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 159 PALEMBANG

EBILIA, VEGA (2020) ANALISIS PROBLEMATIKA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD NEGERI 159 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I doc.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V. doc.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Analisis problematika pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 159 Palembang. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana penerapan pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 159 Palembang? (2) Apa saja problematika pada pembelajaran tematik di kelas IV SD Negeri 159 Palembang? (3) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika di kelas IV SD Negeri 159 Palembang? Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) SD Negeri 159 Palembang sudah melaksanakan pembelajaran tematik pada tahun 2018 tapi baru dilaksanakan di kelas 1 dan kelas 4 saja. Pada tahun 2019 SD Negeri 159 Palembang sudah melaksanakan pembelajaran tematik secara menyeluruh. (2) Adapun kendala yang dialami guru dan siswa khususnya kelas 4 diantaranya: Guru kesulitan dalam perpindahan mata pelajaran, metode pembelajaran yang digunakan guru terlalu monton, siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, media pembelajaran kurang menarik, jumlah buku paket sebagai bahan ajar tidak mencukupi sesuai jumlah siswa dikelas 4. (3) Upaya yang ditempuh oleh guru dalam mengatasi problematika adalah berdiskusi dengan guru lainnya, browsing di internet dan mengembangkannya, mengelompokkan siswa saat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problematika pembelajaran tematik
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:19
Last Modified: 13 Mar 2020 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item