PERAN INTERAKSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG

MAULANA, RIO (2020) PERAN INTERAKSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 26 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Archive
CD Heffi Risa Umami.zip

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: Peran Interaksi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 26 Palembang. Skripsi ini membahas tentang kegiatan interaksi sosial antara guru dan siswa di kelas, keadaan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 26 Palembang, peran interaksi sosial guru pendidikan agama Islam dalam memotivasi siswa di kelas. Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah: 1) beberapa siswa masih pasif dalam proses belajar mengajar, 2) beberapa siswa tidak memiliki kepercayaan diri pada saat dimintai guru kedepan kelas, 3) siswa masih merasa malu dan takut sehingga tidak mau menjawab pertanyaan dari guru secara sukarela, 4) masih terdapat beberapa siswa yang kesulitan mengikuti intruksi dan mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana peran dari interaksi sosial guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang. 2). Untuk mengetahui kemampuan interaksi sosial guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang. 3). Untuk mengetahui peran interaksi sosial guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan study kasus dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu 1). Mengumpulkan data. 2). Pengelolaan data. 3). Analisis data. 4). Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1). Interaksi sosial guru pendidikan agama Islam di dalam kelas semakin membaik dikarenakan terjadinya proses akomodasi, proses asimilasi dan proses alkulturasi sehingga terciptalah kerjasama yang baik dan efektif antara guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. 2). Keadaan motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 26 Palembang mengalami peningkatan dari awal semester hingga ke akhir semester. 3). Peran interaksi sosial guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah melalui proses penyesuaian, mengurangi perbedaan, penerimaan dan kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peran Interaksi Sosial Guru PAI Motivasi Belajar Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 13 Mar 2020 04:19
Last Modified: 13 Mar 2020 04:19
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6721

Actions (login required)

View Item View Item