KHOIRIYAH, ANA (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs MODERN DARUSSALAM PRABUMULIH. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I .pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V .pdf Download (72kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Modern Darussalam Prabumulih”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan yakni tingginya tingkat kejenuhan belajar yang dimiliki siswa kelas VIII di MTs Modern Darussalam Prabumulih. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana kejenuhan belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Modern Darussalam Prabumulih? Bagaimana kejenuhan belajar siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Modern Darussalam Prabumulih? Adakah pengaruh dari implementasi model pembelajaran index card match dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa Kelas VIII di MTs Modern Darussalam Prabumulih?. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Objek penelitian ini adalah siswa MTs Modern Darussalam Prabumulih Kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-Test Only Control Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket,, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus uji “t”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji signifikasi hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, digunakan rumus uji “t” dan diperoleh thitung sebesar 10,51. Perhitungan thitung dengan membandingkan ttabel baik pada taraf signifikan 5% atau pada taraf signifikan 1% adalah : 2,013 < 10,51 > 2,687. Dengan demikian, berarti Ha yang berbunyi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model pembelajaran Index Card Match dengan kelompok yang tidak menggunakan model pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Modern Darussalam Prabumulih diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implementasi model pembelajaran index card match dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 07:57 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 07:57 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6755 |
Actions (login required)
View Item |