PERGERAKAN PENDIDIKAN LIFE SKILL DI MAN SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR

SYAPUTRA, RAHMAT AGUNG DWI (2020) PERGERAKAN PENDIDIKAN LIFE SKILL DI MAN SAKATIGA INDRALAYA OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pendidikan yang diselenggarakan di setiap lembaga pendidikan akan dapat berhasil jika didukung dengan manajemen pendidikan yang baik pada lembaga itu. Begitupun dengan pendidikan life skill akan menjadi baik jika didukung dengan manajemen yang baik. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam manajemen yaitu, perencanaan (planning), pengorgaanissian (organizing), penggerakan (actuating), dan juga pengawasan (controling), dalam penelitian ini peneliti memfokuskan pada salah satu kegiatan manajemen saja untuk mengetahui sejauh mana pendidikan life skill di MAN Sakatiga telah dilaksanakan, yaitu: penggerkan pendidikan life skill di MAN Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. Dimana pendidikan life skill yang akan diteliti disini ialah pendidikan teknik elektro, MAN Sakatiga merupakan salah satu sekolah keagamaan akan tetapi lulusan mereka akan bisa memiliki bakat seperti lulusan SMK ataupun SMA, karena MAN Sakatiga juga memikirkan bakat dan ilmu pengetahuan umum yang harus dimiliki siswa-siawanya setelah lulus nanti. Dalam penelitian peneliti mengangkat dua rumusan masalah, yakni bagaimana penggerakan pendidikan life skill pada MAN Sakatiga Indralaya Ogan Ilir dan apa saja faktor yang mempengaruhi penggerakan pendidikan life skill di MAN Sakatiga Indralaya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penggerakan dan faktor apa saja yang mempengaruhi penggerakan pendidikan life skill di MAN Sakatiga Indralaya Ogan Ilir. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif dengn jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini yang menadi informan pokok ialah kepala sekolah dan informan pendukung adalah guru pendidikan life skill yang bersangkutan dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, data display, kesimpulan/verifikasi data dan triangulasi data. Dari hasil penelitian dan analisa diketahui bahwa pada prinsipnya sebagian besar penggerakan pendidikan life skill telah terselenggara dengan cukup baik. Hal ini terlihat dari beberapa kenyataan yang terjadi di lingkungan MAN Sakatiga Indralaya Ogan Ilir, meskipun masih ada beberapa catatan yang menunjukkan akan kekurangan dalam menjalankan penggerakan pendidikan life skill yang ada di MAN Sakatiga Indralaya Ogan Ilir, seperti kurang pembinaan atau pelatihan yang diberikan sekolah baik terhadap guru maupun terhadap siswa dan juga masih kurang berjalannya evaluasi yang telah dilaksankan. Akan tetapi selain dua tahapan di atas, MAN Sakatiga sudah berhasil menjalankan tahapan lainnya seperti, adanya partisipasi semua pihak, adanya pengarahan, adanya pemberian motivasi, adanya penyampaian tugas yang baik, adanya pemberian penghargaan, dan juga adanya pemberian kebutuhan dalam penggerakan pendidikan ife skill.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: penggerakan pendidikan life skill
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Mar 2020 03:06
Last Modified: 18 Mar 2020 03:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item View Item