PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA BERGAMBAR PADA MATERI FABEL SISWA KELAS IV DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG

ANGGITA, RIA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR CERITA BERGAMBAR PADA MATERI FABEL SISWA KELAS IV DI MI MUNAWARIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cerita bergambar pada materi fabel siswa kelas IV di MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perancangan pembuatan bahan ajar cerita bergambar materi fabel pada siswa kelas IV MI Munawariyah Palembang. (2) mengetahui pengoperasionalan bahan ajar cerita bergambar materi fabel pada siswa kelas IV MI Munawariyah Palembang. (3) mengetahui keefektivitasan bahan ajar cerita bergambar materi fabel pada siswa kelas IV MI Munawariyah Palembang . Jenis penelitian ini menggunakan metode research and development dan menggunakan model pengembangan Tessmer, informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IVA dan IVC serta siswa kelas IVA. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan bahan ajar dibuat langsung oleh guru kelas, adapun bahan ajar yang sudah dikembangkan seperti fabel dan dongeng, dengan menggunakan buku cerita bergambar yang sudah ditentukan untuk dijadikan pedoman. (2) sebelum melakukan pengembangan terhadap bahan ajar, harus lebih dulu membuat prosedur atau langkah-langkah dalam pengembangan bahan ajar yang hendak kita buat, agar bahan ajar yang kita hasilkan sesuai dengan tingkat perkembangan dan emosional peserta didik. adapun langkah-langkah dalam penyusunan pembuatan bahan ajar yaitu: menentukan judul, gambar yang menarik, mengetahui alur cerita dan ada pesan moral dalam cerita. (3) bahan ajar yang sudah dibuat dan digunakan disekolah MI Munawariyah Palembang seperti fabel dan dongeng sudah mampu meningkatkan antusias belajar siswa, rata-rata hasil belajar siswa meningkat, dan bahan ajar yang telah dilaksanakan dan digunakan sudah berjalan secara efektif hal ini dikarenakan bahan ajar yang dibuat sudah didesain semenarik mungkin sehingga siswapun dengan mudah untuk mempelajari dan memahami nya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar fabel RnD
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:53
Last Modified: 17 Jun 2020 02:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7021

Actions (login required)

View Item View Item