KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH VIII PALEMBANG

FIRDA, NISAUL (2020) KREATIVITAS GURU DALAM PEMANFAATAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH QURANIYAH VIII PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pertama mengetahui pemanfaatan media sebagai sumber belajar siswa kelas 2, 4, dan 5 di MI Quraniyah VIII Palembang, kedua untuk mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pemanfaatan media dan ketiga untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi usaha guru untuk meningkatkan kreativitas dalam pemanfaatan media. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 2, kelas 4, kelas 5 dan siswa kelas 2, 4, dan 5. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (reduction data), penyajian data (data display) dan menarik kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini 1) Pemanfaatan media sebagai sumber belajar di MI Qurniyah VIII Palembang bahwa guru pernah menggunakan media. Pemanfaatan media digunakan untuk memperlancar proses interaksi antara guru dan siswa, dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat diseragamkan, proses pembelajaran lebih jelas dan menarik, dan efesiensi dalam waktu dan tenaga, 2) Usaha guru dalam meningkatkan kreativitas dalam pemanfataan media yaitu, guru dapat menghasilkan ide-ide dalam pembuatan media, guru mampu membuka pikiran dalam memanfaatkan media, guru mampu menciptakan ide dalam pemanfaatan media untuk proses kegiatan belajar mengajar, guru dapat melihat suatu masalah dalam penggunaan media tersebut ketika proses belajar mengajar berlangsung, 3) Faktor utama yang mendukung untuk meningkatkan kreativitas guru dalam pemanfaatan media yaitu sarana dan prasana yang mana jika sarana prasana lengkap dan memenuhi kebutuhan untuk mengajar maka guru dapat menggunakannya sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dan sesuai dengan yang diharapkan, dan siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Sedangkan faktor penghambat dalam meningkatkan kreativitas guru dalam pemanfaatan media yaitu kondisi psikis seorang pendidik, kondisi dari peserta didik, dan waktu dalam pembuatan media.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru media
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:46
Last Modified: 17 Jun 2020 03:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7029

Actions (login required)

View Item View Item