HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI I BANDING AGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

FUTRI, DELVA AMELIA (2020) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT (AQ) DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI I BANDING AGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Pertimbangan atas keadaan siswa yang merasa takut dalam menghadapi kesulitan-kesulitan dalam belajar. Siswa sering mengalami keadaan takut dalam bertindak dan kurang percaya diri bahwa mampu dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang di hadapi sehingga siswa harus diberikan motivasi dalam belajar dengan melatih siswa memecahkan masalah dengan metode berbasis masalah. Dengan kondisi tersebut maka rasa takut dalam menghadapi masalah dapat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Adapun masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan Adversity Quotient (AQ) dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Penelitian ini ialah bentuk penelitian kuantitatif kolerasi, penelitian kolerasi ini bertujuan dalam mendapatkan ada atau tidaknya keterkaitan setiap variabel. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan angket (skala likert), sampel yang digunakan adalah kelas XI. IPS. 2 yang berjumlah 32 orang siswa SMA Negeri I Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistic Product moment. Hasil analisis data dengan menggunakan rumus statistic Product moment menyatakan bahwa variabel Adversity Quotient (AQ) dengan motivasi belajar siswa memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan product moment adalah 0,968 dengan taraf signifikan 5% yaitu 0,3494 dan taraf signifikan 1% yaitu 0,4487. Artinya r hitung lebih besar dari r tabel, jadi kesimpulannya Ha (hipotesis alternative) diterima sedangkan Ho (hipotesis nol) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Adversity Quotient (AQ) dengan motivasi belajar siswa di SMA Negeri I Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: adversity quotient (aq) motivasi belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:23
Last Modified: 17 Jun 2020 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7034

Actions (login required)

View Item View Item