PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN SISWAKELAS V SDN 158 PALEMBANG

AMIN, RAHMAT (2020) PERAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN AL-HIDAYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QURAN SISWAKELAS V SDN 158 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB-1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Peran Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) AlHidayah Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran Siswa Kelas V SDN 158 Palembang. Melihat & mengingat maraknya krisis moral pada saat ini tentu dengan adanya dunia pendidikan keagamaan menjadi salah satu cara yang terbaik untuk merubah serta menyelamatkan perilaku bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan keagamaan hanya dilakukan secara informal melalui keluarga, lingkungan sosial serta masyarakat sekitar. Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) menjadi penting sebagai usaha untuk memperkuat proses belajar mengajar pada pendidikan formal dalam sisi pendidikan keagamaan yang pada umumnya kurang begitu intensif diterima oleh anak didik, baik di tingkat Taman Kanak-kanak (TK) maupun ditingkat Sekolah Dasar (SD) ataupun Madrasah Ibtidaiyah (MI). Oleh karena itu, dengan adanya TPA mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, berjiwa religi dan professional di bidang Al-Qur’an maupun hadis. Faktor yang mempengaruhi lemahnya tingkat kemampuan Baca Tulis AlQuran anak-anak seperti lemahnya perhatian orang tua dalam membimbing putraputrinya secara langsung, khususnya dalam pengajaran baca tulis huruf al-Qur'an. Kini tradisi mengaji dan budaya khataman Al-Qur'an itu dewasa ini nyaris tergusur dan tergeser budaya baru yang tidak menentu dan lemahnya sistem pendidikan agama pada jalur pendidikan formal. Kelemahan pendidikan agama pada jalur formal ini antara lain karena sempitnya jam pelajaran sementara bahan pengajarannya cukup luas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisis secara kulaitatif dari pengumpulan data, penyajian data, reduksi data hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan Peran Taman Pendidikan Al- Qur’an (TPA) dalam membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu santri dapat membaca AlQur’an dengan benar dan lancar dan santri dapat menulis huruf Arab dengan baik dan benar. Faktor pendukung penyelenggaraan pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Palembang yaitu ustadzah mempunyai buku pedoman dan dikelas sudah terdapat AlQur’an yang sudah disediakan dari pihak TPA sehingga dengan begitu proses pembelajaran akan berjalan dengan mudah. Faktor Penghambat penyelenggaraan pendidikan Al-Qur’an Al-Hidayah Palembang kebanyakan dari santri dan ustadzah BTA di TPA Al-Hidayah Palembang dapat menemukan solusi dalam menghadapi atau meminimalisir faktor penghambat penghambat tersebut yaitu, dengan cara ustadzah menggunakan metode yang lain agar santri tidak merasa jenuh dan dapat menerima pelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: taman pendidikan al-quran (tpa) baca tulis al-quran santri
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:58
Last Modified: 23 Jun 2020 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7059

Actions (login required)

View Item View Item