KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI MAHAD ISLAMY PALEMBANG

AUDINA, MIA (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENCIPTAKAN GERAK TARI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI MAHAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Kreativitas Guru dalam Menciptakan Gerak Tari pada Pembelajaran Tematik MI Mahad Islamy Palembang. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tematik gerakan tari Kelas IV di MI Mahad Islamy Palembang? (2) Bagaimana kreativitas guru dalam menciptakan gerak tari di kelas IV pada pembelajaran tematik gerakan tari di MI Mahad Islamy Palembang (3) Bagaimana aktivitas siswa kelas IV dalam pembelajaran tematik gerak tari di MI Mahad Islamy Palembang? Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di MI Mahad Islamy Palembang. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Kreativitas guru menciptakan gerak tari pada pembelajaran tematik. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik pada seni budaya dan prakarya yang mempelajari seni tari di MI Mahad Islamy Palembang berjalan baik, (1) Pelaksanaan dalam pembelajaran tematik pada seni tari di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah sangat baik guru mengajar menyiapkan RPP, Metode, Media pembelajaran saat mengajar guru memahami siswa dapat dilihat dari kepribadian diri, (2) Kreativitas Guru menciptakan gerak tari dalam pembelajaran tematik melalui proses guru berimajinasi dalam menciptakan gerak tari dari sebuah konsep yang dijadikan dalam sebuah gerak tari, kemudian digabungkan menjadi sebuah gerak tari yang utuh dan diiringi lagu. (3) Siswa sangat antusias dan aktif, dapat mengubah tingkah laku dari yang tidak bisa menjadi mengerti dan aktivitas siswa dalam mengikuti dalam proses pembelajaran tematik pada gerak tari sangat baik. Berkaitan kreativitas hendaknya guru lebih mampu meningkatkan kreativitas gerakan tari agar kualitas pembelajaran yang dilaksanakan dapat lebih aktif, sehingga siswa dapat lebih memahami konsep yang diberikan dan tujuan pembelajaran tercapai secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tematik gerak kreativitas seni tari
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:24
Last Modified: 23 Jun 2020 02:24
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7064

Actions (login required)

View Item View Item