ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DAN DAMPAK PERILAKU SOSIAL ANAK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG

PUSPITA, MARIKA (2020) ANALISIS PENGGUNAAN GADGET DAN DAMPAK PERILAKU SOSIAL ANAK KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAHAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah penggunaan gadget. Informannya adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) penggunaan gagdet di MI Mahad Islamy Palembang yaitu digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan inovasi siswa, untuk menambah informasi atau pengetahuan siswa, dan sebagai media pembelajaran yang bersifat multimedia (2) Dampak penggunaan gadget memiliki dampak positif dan negatif terhadap perilaku sosial anak kelas VI di Mahad Islamy Palembang. Dampak positif dari penggunaan gadget pada anak kelas VI yaitu memudahkan siswa, guru serta wali murid untuk berkomunikasi seperti melalui aplikasi WhatsApp, untuk mengakses informasi dan pengetahuan mengenai pelajaran, dan sebagai media pembelajaran lebih aktif, inovatif dan menyenangkan. Sedangkan dampak negatif penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak yaitu: Siswa kurang menjadi kreatif, siswa menjadi pribadi yang tertutup, dan penurunan dalam kemampuan bersosialisasi (3) Cara mengatasi dampak negatif penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak di kelas VI MI Mahad Islamy Palembang yaitu pihak sekolah melakukan pemeriksaan rutin baik secara dadakan ataupun saat siswa selesai menggunakan gadget pada proses pembelajaran, guru melakukan pengawasan pada siswa saat menggunakan gadget pada saat proses pembelajaran dan membatasi durasi waktu pemakaian gadget pada siswa kelas VI dengan batasan tidak lebih dari 2 jam selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis penggunaan gadget dampak perilaku sosial
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:30
Last Modified: 23 Jun 2020 02:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7065

Actions (login required)

View Item View Item