PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI KARANG RINGIN 1

SYAFITRI, AYU (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI KARANG RINGIN 1. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan kegiatan pembelajaran yang mengarahkan peserta didik agar mendapat pengalaman dalam mempelajari suatu materi melalui tahap mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Pelaksanaan pembelajaran tematik dengan pendekatan saintifik pada jenjang sekolah dasar merupakan program pendidikan dalam kurikulum 2013. Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Proses penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik, (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik, dan (3) Solusi yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala dalam menerapkan pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan cara Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses penerapan pendekatan saintifik di Kelas IV SD Negeri Karang Ringin 1 pada pembelajaran tematik sudah berjalan dengan baik di lihat dari aspek kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, mengomunikasi. Adapun kendala yang dihadapi ketika menerapkan pendekatan saintifik adalah masih kurangnya persiapan guru dalam kegiatan mengamati, kurang rasa percaya diri peserta didik dalam menanya, waktu pembelajaran yang terlalu singkat untuk melakuakan kegiatan mengeksplorasi, kurang interaksi peserta didik dalam melakukan kegiatan mengasosiasi dan kurang keberanian peserta didik dalam mengomunikasi. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi dengan membangun kelompok kerja guru untuk mengatasi kurang persiapan guru dalam kegiatan pembelajaran, memberi motivasi kepada peserta didik, guru harus bisa mengolah waktu dengan baik, guru harus sering melakukan kegiatan kelompok agar peserta didik sering berkomunikasi dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengatasi peserta didik yang tidak berani untuk mengomunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendekatan saintifik tematik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:25
Last Modified: 23 Jun 2020 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7069

Actions (login required)

View Item View Item