HARTATIANA, HARTATIANA (2015) Pengaruh Penerapan Metode Resitasi dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Metematika Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Paradigma Palembang. JPM RAFAH; Jurnal Pendidikan Matematika, 01 (01). pp. 77-97. ISSN p.2460-8718, e.2460-8726
|
Text
Pengaruh Penerapan Metode Resitasi dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Metematika Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Lin.pdf Download (499kB) | Preview |
Abstract
Proses pembelajaran di MTs Paradigma Palembang masih didominasi oleh seorang guru atau teacher center sehingga hasilnya kurang efektif, terutama dalam pemahaman konsep matematika. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin menerapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses dalam proses pembelajaran di MTs Paradigma Palembang. Permasalahan dalampenelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat pemahaman konsep matematika siswa setelah diterapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang. (2) Apakah ada pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tingkat pemahaman konsep metematika siswa setelah diterapkan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma palembang, (2) pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dimana kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan diperoleh rata-rata nilai pemahaman konsep matematika kelas eksperimen 85.192 termasuk dalam kategori baik sekali, sedangkan rata-rata nilai pemahaman konsep matematika kelas kontrol 66.962 termasuk dalam kategori cukup. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji-t diperoleh thitung = 6.716 dan ttabel = 2.009, karena thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penerapan metode resitasi dengan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII MTs Paradigma Palembang
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika 500 Sains dan Matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 08:53 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 04:35 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7088 |
Actions (login required)
View Item |