PEMIKIRAN ADIWARMAN AZWAR KARIM TENTANG PERBANDINGAN SISTEM BUNGA DAN SISTEM BAGI HASIL DALAM ANALISIS BIAYA PRODUKSI (Skripsi)

Astuti, Leli (2016) PEMIKIRAN ADIWARMAN AZWAR KARIM TENTANG PERBANDINGAN SISTEM BUNGA DAN SISTEM BAGI HASIL DALAM ANALISIS BIAYA PRODUKSI (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
LELI ASTUTI_FebiEkoIsl.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Produksi adalah kegiatan manusia untuk menghasilkan barang dan jasa yang kemudian dimanfaatkan oleh konsumen. Secara teknis produksi adalah proses mentransformasi input menjadi output. Teori produksi ditujukan untuk memberikan pemahaman tentang perilaku perusahaan dalam membeli dan menggunakan masukan (input) untuk produksi dan menjual keluaran atau produk. Untuk menyelesaikan masalah ini penjelasan tentang perilaku produsen dalam memaksimalkan keuntungannya maupun mengoptimalkan efisiensi produksinya, tidak akan terlepas dari dua hal; yakni struktur biaya produksi dan revenue yang didapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) adalah salah satu jenis penelitian melalui perpustakaan. Metode pengumpulan datanya dengan Teknik dokumentasi atau studi dokumenter yaitu dengan meneliti sejumlah kepustakaan (library research). Untuk menganalisis data menggunakan analisis data kualitatif, yaitu data yang tidak bisa diukur atau dinilai dengan angka secara langsung. Sebagai pendekatannya, digunakan metode deskriptif analisis, yaitu cara penulisan dengan mengutamakan pengamatan terhadap gejala, peristiwa dan kondisi aktual di masa sekarang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa Adiwarman Azwar Karim menyatakan bahwa karakteristik dari sistem bunga dalam analisis biaya produksi adalah adanya biaya bunga yang harus dibayarkan oleh produsen bersifat tetap. Sehingga biaya bunga akan menjadi bagian dari fixed cost, dengan kata lain, berapapun jumlah output yang diproduksi bunga tetap harus dibayar. Konsekuensi lebih lanjut, keberadaan biaya bunga akan meningkatkan total biaya. Tetapi bila pada sistem bagi hasil, naiknya total cost akan mendorong break even point. Pada sistem bagi hasil, kurva fixed cost tidak terpengaruh seperti pada sistem bunga, tetapi pemberlakuan sistem ini akan berpengaruh terhadap total revenue. Adiwarman Azwar Karim juga menjelaskan tentang perbedaan efisiensi sistem produksi dengan sistem bunga dan sistem bagi hasil. Total cost sistem bunga lebih tinggi dari pada total cost sistem bagi hasil. Karena total cost harus membayar seluruh bunga. Pada tingkat produksi yang sama, total biaya sistem bagi hasil selalu lebih kecil dibandingkan total biaya dengan sistem bunga. Begitu juga pada total biaya yang sama, jumlah produksi sistem bagi hasil selalu lebih besar dibandingkan dengan jumlah produksi dengan sistem bunga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Produksi, Sistem Bagi Hasil, Sistem Bunga
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:20
Last Modified: 13 Jun 2016 03:20
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/709

Actions (login required)

View Item View Item