PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SURAU KELURAHAN 13 ULU PALEMBANG

UMAM, AHMAD BADRIL (2020) PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN HALAQAH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SURAU KELURAHAN 13 ULU PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
3. Bab I Pendahuluan.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V Penutup.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Keberadaan pembelajaran model halaqah yang masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat khususnya di Kelurahan 13 Ulu Palembang dengan menjadikan musholla/ langgar/surau sebagai tempat ibadah sekaligus sebagai tempat belajar agama dalam bentuk majlis ta’lim, majlis halaqah, majlis dzikir dan lain-lain bagi masyarakat sekitar dan masyarakat umum. Sebagai tempat belajar agama Islam keberadaannya telah memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi jama’ah atau peserta didik untuk dapat menguasai ilmu ke-Islaman dan mengamalkannya dengan baik dan sempurna dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan eksistensi serta bagaimana peluang dan tantangan pembelajaran model halaqah di Surau Kelurahan 13 Ulu Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara ovservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan analisis data serta penerikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran halaqah Pendidikan Agama Islam di surau 13 Ulu Palembang, telah berlangsung sejak puluhan tahun yang silam, dengan jadwal kegiatan tertentu, materi pengajian dan pengasuh/ustadz yang tertentu pula serta menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, seperti ceramah bervariasi, kisah/cerita, diskusi dan tanya jawab. Sementara itu, pengelola atau pengurus sebagai penyelenggara kegiatan belum sepenuhnya dimiliki, demikian juga dalam masalah dana sebagai penunjang kegiatan. Adapun eksistensi majlis-majlis halaqah di Kelurahan 13 Ulu Palembang, meliputi: Terbentuknya majlis-majlis halaqah lahir dari keinginan para jema’ah yang didorong oleh keinginan mempelajari ajaran agama secara mendalam, Fleksibel dan merakyat, tidak melihat kepada tingkat usia, latar belakang pendidikan, sosial, budaya dan suku, Keberadaannya telah dirasakan memberi manfaat positif bagi ummat Islam khususnya dalam penambahan wawasan keagamaan dan semangat kebersamaan, dan Problematika umum yang dihadapi adalah tingkat keaktifan jema’ah, kurang tersedianya media pembelajaran dan metode yang terkadang kurang bervaariasi. Sedangkan Peluang dan Tantangan yang dihadapi berada pada dinamika kegiatan dan upaya pengembangan majlis-majlis halaqah, yaitu dengan pembenahan ke dalam, melakukan evaluasi dan menambah program kegiatan serta tetap menjaga keutuhan jema’ah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran halaqah surau
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:53
Last Modified: 26 Jun 2020 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7100

Actions (login required)

View Item View Item