PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK ANTARA GURU DAN SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

ANGGRAINI, RIRIN (2020) PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK ANTARA GURU DAN SISWA DI MTs MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (47kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah, “Proses Komunikasi Interpersonal dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak antara Guru dan Siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang.” Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru dan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang tidak berjalan sesuai harapan, karena guru dan siswa hanya terlibat komunikasi satu arah dalam kegiatan belajar mengajar, dimana guru lebih banyak berbicara sedangkan siswa lebih banyak yang diam. Mereka menjaga jarak dan bersikap kaku dalam berkomunikasi dengan gurunya, namun ada beberapa yang cenderung berlebihan, terlalu bebas dalam berbicara dengan gurunya. Selain itu, ditemukan masalah terjadi kesalahpahaman dalam proses pembelajaran karena tidak ada komunikasi interpersonal antara guru dan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research) dengan metode kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru dan siswa di MTs Muhammadiyah 1 Palembang berjumlah 1 orang guru dan 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Proses komunikasi interpersonal guru dan siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak didominasi oleh komunikasi dua arah dimana ada proses timbal balik antara guru dan siswa. Ada pula yang berlangsung satu arah, dan bahkan ada yang tidak berkomunikasi sama sekali. Komunikasi interpersonal yang terjadi dalam aspek keterbukaan, sikap mendukung, sikap positif, serta kesetaraan dimana guru dan siswa merasa sama. Faktor pendukung dalam komunikasi interpersonal antara guru dan siswa adalah persepsi yang baik, konsep diri yang merasa penting bagi orang lain, dan tingkat penghargaan terhadap diri sendiri. Yang menjadi penghambat dalam komunikasi adalah siswa lebih sedikit yang aktif dibandingkan guru, sehingga proses komunikasi yang berlangsung dalam pembelajaran merata pada semua siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: komunukasi interpersonal proses pembelajaran
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 26 Jun 2020 05:06
Last Modified: 26 Jun 2020 05:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7101

Actions (login required)

View Item View Item