KONTRIBUSI KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS KECAMATAN BETUNG KABUPATEN BANYUASIN

NAZIPA, NAZIPA (2020) KONTRIBUSI KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS KECAMATAN BETUNG KABUPATEN BANYUASIN. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Nazipa.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Nazipa.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Negeri gugus Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin. Untuk mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam mengikuti Kelompok Kerja Guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Gugus Kecamatan Betung. Untuk menemukan kontribusi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam meningkatkan kompetensi paedagogik guru PAI di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Betung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah key informan. Key informan terdiri dari 3 orang kepala sekolah dan 11 orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Selanjutnya data digali melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan analisis data interaktif dengan model Miles and Humberman. Berdasarkan analisis dimaksud dapat dirumuskan kesimpulan penelitian sebagai berikut: 1. Pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kecamatan Betung sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari ruang lingkup dan jenis kegiatan/program yang diadakan. Program kegiatan sudah disusun menurut kelas dan tingkat permasalahan yang muncul di lapangan sesuai dengan bidang studi Pendidikan Agama Islam dengan jenis kegiatan yang bervariasi dari pembahasan tentang program pembelajaran, pengelolaan kelas hingga perhitungan angka kredit guru (PAK). 2. Kehadiran peserta (guru-guru) dalam kegiatan KKG PAI Kecamatan Betung sudah cukup tinggi rata-rata 90% ke atas per kegiatan. Dari bulan Juli 2018 s/d Juli 2019 (12 bulan) hanyaada 2 bulan (2 kegiatan) di bawah 90%. BulanJanuari 2018 ada 86,4% (tidakhadir = 12,6%) dan di bulan Februari 2019 ada 87,6% (tidakhadir = 12,4%). Selanjutnya dilihat dari keaktifan, para guru (peserta KKG) sudah cukup aktif. Ketika kegiatan KKG PAI berlangsung mereka (guru-guru) mengajukan pertanyaan, merespon pertanyaan guru lain, saling berbagi informasi dengan interaksi banyak arah, yaitu peserta dengan peserta, peserta dengan tutor dan sesama tutor. 3. Kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam SD Negeri Kecamatan Betung berdasarkan data dan pembahasan dari hasil wawancara dapat dikemukakan bahwadari 11 orang yang diwawancarai ternyata ada 8 orang guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Gugus Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin kompetensi pedagogiknya sudah baik. Program pembelajarannya disiapkan dengan baik. Kemudian di dalam melaksanakan pembelajaran berpedoman pada persiapan yang telah disusun sebelumnya. Demikian juga dengan program penilaian, 8 guru ini membuat kisi-kisi dan kartu soal sertamelakukanalisis hasil belajar. Menurut 8 orang ini, kompetensi pedagogik yang mereka miliki ini (Perencanaan, Pelaksanaan dan Penilaian) merupakan efek langsung dari keaktifan mereka dalam meningikuti KKG PAI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: guru pai kompok kerja guru kompetensi pedagogik
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 29 Jun 2020 00:58
Last Modified: 29 Jun 2020 00:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item