Rosita, Rosita (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AKHLAK NABI IBRAHIM AS DAN NABI ISMAIL AS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV.A SDN 156 PALEMBANG (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (173kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Akhlak Nabi Ibrahim A.S dan Nabi Ismail A.S Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV.A SDN 156 Palembang”. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kemampuan guru dalam pengelolaan proses pembelajaran Aqidah Akhlak di SDN 156 Palembang sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran masih rendahnya kemampuan siswa, baik proses maupun produknya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional sehingga memerlukan upaya untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan data dan anlisisnya melalui kajian reflektif, kolaboratif, melalui tiga tahapan siklus penelitian tindakan kelas.Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dilakukan PTK dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini dilakukan di SDN 156 Palembang dengan 2 siklus. Pada Pra siklus sebagian siswa masih belum terbiasa dengan kondisi belajar kelompok sebagian kelompok belum memahami langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT secara utuh dan menyeluruh. Untuk mengatasi masalah diatas dilakukan upaya diantaranya, guru dengan intensif memberi pengertian kepada siswa kondisi dalam berkelompok, kerja sama berkelompok, keikutsertaan siswa dalam berkelompok. Guru membantu kelompok yang belum memahami langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT Di sisi lain guru sebagai peneliti dalam PTK guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran. Hal ini terjadi di karenakan guru lebih banyak berdiri di depan kelas dan kurang memberikan pengarahan kepada siswa bagaimana caranya melakukan pembelajaran secara kooperatif. Dalam siklus 1, siswa dan guru mulai implementasi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menunjukkan peningkatan. Siklus 2 siswa dan guru sudah terbiasa dengan pembelajaran kelompok. Hal ini dapat di lihat, dari hasil nilai siswa Para Siklus 63.23%, menjadi 70.73% pada Siklus 1, kemudian meningkat pada Siklus 2 82.05%. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Akhlak materi perilaku Nabi Ibrahim, a.s dan Nab Ismail, a.s IV.A di SDN 156 Palembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Meningkatkan Hasil Belajar, Materi Akhlak Nabi Ibrahim A.S, Tipe Numbered Head Together (NHT). |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Jun 2016 07:11 |
Last Modified: | 13 Jun 2016 07:11 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/722 |
Actions (login required)
View Item |