PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING MODEL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 04 PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR

ARIZA, ADE (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING MODEL) TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 04 PAYARAMAN KABUPATEN OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran bermain peran (Role Playing Model) terhadap keterampilan berbicara pada siswa kelas IV di SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir yang dilatarbelakangi oleh salah satu bagian dari mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD adalah mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan. Namun keadaan pembelajaran keterampilan berbicara pada kelas IV di SD Negeri 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir belum membawa siswa menuju kearah kemahiran dalam berbicara. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran bermain peran (Role Playing Model) pada siswa kelas IV di SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir, bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran bermain peran (Role Playing Model), apakah terdapat pengaruh dalam menerapkan model pembelajaran bermain peran (Role Playing Model) pada siswa kelas IV SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir. Skripsi ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kjantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu pada kelas IV di SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir yang berjumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk tes analisis data, penulis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada penelitian di kelas IV SDN 04 Payaraman Kabupaten Ogan Ilir ini terdapat 25 siswa dan ada tiga kali pertemuan yaitu pada pertemuan pertama diperoleh ketuntasan belajar 24%, pada pertemuan kedua diperoleh ketuntasan belajar 60% dan pada pertemuan ketiga diperoleh ketentuan belajar 92%.Dari pengolaan data dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t di dapat nilai

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Role Playing Pengaruh Keterampilan Berbicara
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 14 Aug 2020 01:30
Last Modified: 14 Aug 2020 01:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7277

Actions (login required)

View Item View Item