PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MINAT WIRAUSAHA KAUM SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RIYADH PALEMBANG

ULFAH, NADHIRAH (2016) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP MINAT WIRAUSAHA KAUM SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RIYADH PALEMBANG. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
NADHIRAH ULFAH_FebEkoIslm.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Semangat kewirausahaan merupakan tuntunan Islam yang tertulis di dalam Al-Qur’an dan Hadits. Kaum santri yang memiliki kedekatan terhadap ajaran-ajaran Islam sudah pasti mengetahui urgensitas berwirausaha dalam Islam, sehingga kaum santri dapat terdorong untuk memiliki minat dalam berwirausaha. Minat dalam berwirausaha dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal yang merupakan faktor yang berasal dari dalam diri seseorang dan faktor eksternal yang merupakan hasil interaksi antara individu dan lingkungannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor internal dan faktor eksternal secara parsial dan simultan terhadap minat wirausaha kaum santri di Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Jenis data berupa data yang merupakan hasil jawaban kuesioner responden. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Sampling Jenuh, dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel dan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 97 santri Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda denga melakukan pengujian hipotesis berupa uji koefisien determinasi, uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan faktor internal dan faktor eksternal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat wirausaha kaum santri di Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang. Kedua faktor ini memberikan kontribusi sebesar 0,671 atau 61,7% terhadap minat berwirausaha, sedangkan sisanya sebesar 38,3% dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model penelitian ini. Hasil pengujian hipotesis juga menunjukkan bahwa faktor internal merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap minat wirausaha kaum santri di Pondok Pesantren Ar-Riyadh Palembang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Santri, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Minat Berwirausaha.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 01:56
Last Modified: 03 Aug 2016 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/741

Actions (login required)

View Item View Item